Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tingkatkan Reputasi, FEB UI Jajaki Kerja Sama dengan Kampus Ternama di Luar Negeri

Kerja sama antara FEB UI dengan berbagai universitas degan reputasi terbaik di dunia itu bertujuan meningkatkan citra dunia akademik di level internasional.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 30 Oktober 2022  |  14:52 WIB
Tingkatkan Reputasi, FEB UI Jajaki Kerja Sama dengan Kampus Ternama di Luar Negeri
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Teguh Dartanto bersama jajaran menerima kunjungan dari Nanyang Technological University (NTU) Singapura di Kampus FEB UI di Depok, Jawa Barat, Selasa (18/10/2022) - FEB UI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) menjajaki kerja sama dengan sejumlah kampus ternama dari luar negeri, untuk mewujudkan visi menjadi pusat pembelajaran ekonomi dan bisnis terkemuka yang berperan terhadap pembangunan nasional dan dikenal secara internasional.

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FEB UI Arief Wibisono Lubis mengatakan pada tahun ini sudah ada beberapa kampus ternama dari luar negeri yang berkunjung dan berdiskusi dengan FEB UI. Baru-baru ini kunjungan dari pihak Nanyang Technological University (NTU) Singapura pada Selasa dan University of Melbourne.

Sebelum kunjungan dari kedua kampus papan atas tersebut, FEB UI pun sempat mendapat kunjungan pula dari perwakilan National University of Singapore (NUS), Singapore Management University, International Institute of Social Studies (ISS) Belanda, University Technology Sydney, juga Universiti Kebangsaan Malaysia.

“Tujuannya sama, yaitu membahas peluang kerja sama. Sekarang universitas di dunia itu didorong untuk saling kerja sama dan berkolaborasi,” ujar Arief, seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (30/10/2022).

Arief yang merupakan lulusan program doktor University of Cambridge pun menegaskan, penjajakan kerja sama tersebut merupakan bagian dari transformasi yang sedang diusung FEB UI. Sebelumnya, untuk menjaga dan meningkatkan kualitas organisasi maupun pendidikan FEB UI memang sedang melakukan proses transformasi.

Proses transformasi ini di antaranya dengan menempuh 3 akreditasi internasional, yaitu dari the Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), the Association of MBAs (AMBA) dan the Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow a 21st Century Organisation (ABEST21).

Arief yang menyelesaikan program S2 di London School of Economics and Political Science menggarisbawahi, salah satu kata kunci yang sering disebut dalam transformasi FEB UI selain inklusif dan relevan, adalah bereputasi. Untuk membangun reputasi yang lebih baik FEB UI harus ber-partner dengan universitas terkemuka dunia. Dia mencontohkan, mengacu QS World University Rankings 2023, NUS ada pada peringkat 11, NTU peringkat 19 dan University of Melbourne peringkat 33.

“Jadi kalau nanti kami bisa merealisasikan kerja sama ini, tentu akan semakin meningkatkan reputasi FEB UI dan juga mendorong upaya internasionalisasi FEB UI. Jadi untuk part yang dikenal secara internasional di visi kami inilah kami berupaya secara aktif untuk mengembangkan kerja sama dengan berbagai macam partner dari luar negeri,” kata Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kampus Kampus UI fakultas ekonomi dan bisnis universitas indonesia
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top