Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

40 Daftar Marga Suku Batak Tertua dan Paling Tinggi Lengkap

Berikut ini adalah kumpulan daftar marga suku batak lengkap yang cukup terkenal. Kamu sudah tahu?
Ilustrasi rumah batak.
Ilustrasi rumah batak.

Bisnis.com, JAKARTA - Suku Batak merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia yang terkenal dengan marganya yang sangat banyak. Menariknya, jumlah marga yang sangat banyak ini justru menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat suku Batak. Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja daftar marga batak. Apalagi marga tersebut juga menjadi pembeda antar satu keluarga dengan keluarga lainnya.

Marga juga bisa dibilang sebagai identitas. jika kamu bertemu dengan orang baru, pasti yang ditanyakan bukan nama, tapi marganya. Setelah bertanya marga, barulah mereka akan menanyakan hal yang lain. Kalau marganya sama dengan margamu, pasti persaudaraan langsung terjalin.

Berikut adalah Daftar Marga Batak

Marga Batak Tertinggi

1.  Batak Simalungun

Marga Batak Simalungun merupakan marga yang berada di kawasan daerah Kabupaten Simalungun dan sekitarnya. Mereka yang hidup dalam area tersebut biasanya akan memiliki sistem kekerabatan dengan sekitarnya yang begitu kental. Tentunya hidup secara berdampingan dengan baik adalah suatu hal yang perlu diutamakan.

2. Batak Toba

Pemilik marga Batak Toba adalah masyarakat yang berada di wilayah Danau Toba. Masyarakat di daerah ini tentunya juga begitu paham pentingnya untuk menjalani kehidupan secara bersama-sama.

3. Batak Mandailing

Dimana kebesaran dari Batak Mandailing terbilang cukup terlihat. Terutama bagi masyarakat yang masih memiliki jika sosial tinggi. Sistem sosial yang ada di dalam marga Batak Mandailing juga bisa berjalan dengan baik.

4. Batak Pakpak

Batak Pakpak adalah salah satu marga Batak yang tersebar di Kabupaten Dairi, Pakpak Barat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah dan sekitarnya. Selain itu marga Batak Pakpak juga sudah begitu terkenal. Hal ini tak lain karena pemilik marga Batak Pakpak kerap merantau ke luar daerah mereka.

5. Batak Karo

Batak Karo merupakan salah satu marga yang cukup istimewa. Hal ini karena Batak Karo adalah marga yang sudah tersebar luas di Sumatera Utara. Wilayah marga Batak Karo meliputi daerah Tanah Karo dan sekitarnya.

Marga Batak Tertua

6. Marga Sinaga dan Marga Situmorang

Marga Situmorang adalah keturuna Raja Lontung yang sulung. Lalu Marga Sinaga lahir di urutan kedua. Namun menurut kisan yang dituturkan turun-temurun justru sebaliknya, Sinaga sebagai anak pertama dan Situmorang sebagai yang kedua.

Sinaga memiliki keturunan 3 anak laki-laki, yaitu Raja Bonor, Raja Ratus, dan Raja Uruk. Kemudian mereka masing-masing memiliki keturunan tiga anak laki-laki. Budayawan Sitor Situmorang, dalam buku Toba Na Sae: Sejarah Lembaga Sosial Politik Abad XIII-XX, menuliskan adanya Marga Situmorang dan Marga Sinaga pada masa Singamangaraja XII.

Marga Batak Paling Terkenal

7. Panjaitan

Marga ini terkenal sejak lama. Mulai dari Pahlawan Revolusi DI Panjaitan, vokal grup Panbers (Panjaitan Brothers), hingga sekarang menteri Luhut Panjaitan.

8. Nasution

Marga ini juga pasti familiar di telinga orang Indonesia. Tokoh terkenal yg membawa marga ini antara lain Jenderal AH Nasution. Di masa kini, marga ini lagi jd terkenal lagi krn menantu Presiden Jokowi bermarga Nasution.

9. Simanjuntak

Marga Simanjuntak juga familiar bagi saya karena beberapa nama yang menjadi komponis terkenal di Indonesia. Ada C. Simanjuntak bersama saudaranya A. Simanjuntak. C. Simanjuntak terkenal karena gubahan lagu-lagu nasionalnya, sementara A.

Simanjuntak terkenal di kalangan Kristen karena banyak menggubah lagu rohani Kristen dan menerjemahkan lagu-lagu hymnal ke dalam Bahasa Indonesia.

Daftar Marga Batak Lainnya

10.          AMBARITA

11.          ARITONANG

12.          ARUAN

13.          BUTARBUTAR

14.          GULTOM

15.          DAPARI

16.          HASIBUAN

17.          HARAHAP

18.          HUTAGALUNG

19.          HUTAGAOL (LONTUNG)

20.          HUTAGAOL (SUMBA)

21.          HUTAPEA

22.          KASOGIHAN

23.          LUBIS HATONOPAN

24.          MANURUNG

25.          MAHARAJA

26.          NABABAN

27.          NASUTION

28.          NAINGGOLAN

29.          OMPU MANUNGKOLLANGIT

30.          PAKPAHAN

31.          PANJAITAN

32.          PARAPAT

33.          PURBA (RAMBE)

34.          POHAN

35.          RAJAGUKGUK

36.          RITONGA

37.          SAMOSIR

38.          SIAHAAN (NAINGGOLAN)

39.          SILALAHI

40.          TANJUNG

Itulah beberapa daftar marga Batak yang mungkin belum kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hana Fathina
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper