Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Museum Nasional Kebakaran, Tim Investigasi Segera Dibentuk

Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah akan membentuk tim investigasi terkait dengan insiden kebakaran.
Kondisi Museum Nasional atau Museum Gajah yang kebakaran, Sabtu (16/9/2023)./ Dok. @humasjakfire
Kondisi Museum Nasional atau Museum Gajah yang kebakaran, Sabtu (16/9/2023)./ Dok. @humasjakfire

Bisnis.com, JAKARTA - Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah akan membentuk tim investigasi internal terkait dengan kebakaran yang terjadi pada Sabtu (16/9/2023).

Berdasarkan laman Instagram resminya @museumnasionalindonesia, Museum memiliki prioritas untuk melindungi artefak berharga dan benda sejarah di dalamnya.

Museum Nasional terdiri dari tiga bagian, yakni Gedung A, Gedung B, dan Gedung C. Adapun, kebakaran terjadi di belakang Gedung A sejak 20.08 WIB hingga 21.45 yang sudah berangsur dilokalisir oleh Petugas Pemadam Kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran sedang bekerja dengan upaya maksimal untuk memadamkan api dan mencegah kerusakan terhadap koleksi dan benda sejarah.

Begitu api padam, pihak Museum Nasional akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran, serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan.

"Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa investigasi ini berjalan dengan transparan," tulis akun tersebut, dikutip Minggu (17/9/2023).

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Prov. DKI Jakarta menjelaskan penyebab peristiwa kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah hari ini, Sabtu (16/9/2023) malam.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Asril Rizal menuturkan kebakaran gedung di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, diduga berasal dari korsleting arus listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi museum tersebut.

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril seperti dilansir dari Antara, Sabtu (16/9/2023).

Berdasarkan akun Instagram resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Prov. DKI Jakarta @humasjakfire, upaya pemadaman terus dilakukan secara masif. Mulanya, sebanyak 7 unit dan 21 personel sudah dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

Kemudian, pengerahan ditambah menjadi 8 unit serta 32 personel untuk berupaya melokalisir perambatan api. Tak lama, ditambah lagi menjadi sebanyak 13 unit serta 52 personel agar upaya melokalisir perambatan api lebih cepat.

"Api berhasil dilokalisir perambatannya yang dinyatakan pukul 20.40 WIB oleh 13 unit serta 52 personel," tulis akun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper