Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral! Pesawat Harus Putar Balik Gegara Penumpang Alami Diare Akut

Penerbangan Delta Airlines rute Atlanta, Amerika Serikat menuju Barcelona harus tertunda gara-gara seorang penumpang alami diare.
Penerbangan Delta Airlines rute Atlanta, Amerika Serikat menuju Barcelona harus tertunda gara-gara seorang penumpang alami diare./Bloomberg-Marcelo del Pozorn
Penerbangan Delta Airlines rute Atlanta, Amerika Serikat menuju Barcelona harus tertunda gara-gara seorang penumpang alami diare./Bloomberg-Marcelo del Pozorn

Bisnis.com, JAKARTA — Seorang penumpang yang menderita diare membuat pesawat yang tengah mengudara terpaksa harus putar balik. Peristiwa ini terjadi dalam penerbangan Delta Airlines rute Atlanta, Amerika Serikat menuju Barcelona, Spanyol, pada Jumat (1/9/2023).

Melansir The Guardian, penerbangan tersebut harus tertunda karena alasan darurat medis, dimana salah satu penumpang mengalami masalah diare yang parah.

Kru pemeliharaan pesawat bahkan harus menghabiskan waktu lima jam untuk mengganti karpet dan membersihkan kotoran yang berceceran di sepanjang lorong kabin pesawat Airbus A350 tersebut.

Para penumpang akhirnya diizinkan kembali naik pesawat setelah penundaan selama delapan jam, dan baru tiba di Barcelona keesokan harinya atau Sabtu pukul 17.00 waktu setempat.

Beberapa penumpang yang memposting kejadian tersbut di media sosial memperlihatkan bagaimana petugas melakukan berbagai macam upaya untuk membersihkan kotoran itu dengan menggosoknya menggunakan tisu dan disinfektan beraroma.

Namun hal itu hanya membuat pesawat “berbau kotoran vanila”, kata seorang penumpang.

Dalam postingan lain, terlihat pula awak kabin menempatkan kertas penyerap sebagai “landasan darurat” di atas lorong, dan penumpang harus memanjat kursi untuk menghindarinya saat mereka meninggalkan pesawat di Atlanta.

Berdasarkan data Flightradar24, pesawat dengan nomor penerbangan DL194 itu mengubah arah usai dua jam terbang. Saat itu sang pilot mengumumkan kondisi darurat kepada pengatur lalu lintas udara.

Diketahui tidak ada masalah teknik pada pesawat berjenis Airbus A350, seperti terdengar dari transmisi audio antara pilot yang mengungkapkan alasan jet tersebut berputar secara tiba-tiba di Virginia tengah.

“Ini hanya masalah biohazard,” kata pilot tersebut. “Ada seorang penumpang yang menderita diare sepanjang perjalanan di dalam pesawat sehingga mereka ingin kami kembali ke Atlanta.”

Rekaman audio tersebut beredar di Twitter (X), bersama dengan gambar jalur penerbangan Federal Aviation Authority (FAA) yang mengonfirmasi alasan perubahan arah tersebut.

Delta membenarkan terdapat masalah medis di pesawat yang memaksa mereka mesti kembali ke Atlanta untuk pembersihan. Tapi, Delta tidak menyampaikan secara rinci masalah medis apa yang dimaksud.

“Tim kami bekerja secepat dan seaman mungkin untuk mengantarkan pelanggan kami ke tujuan akhir mereka. Kami dengan tulus meminta maaf kepada para pelanggan atas keterlambatan dan ketidaknyamanan pada rencana perjalanan mereka,” kata juru bicara Delta Airlines

Insiden ini terjadi seminggu setelah Air Canada meminta maaf kepada dua penumpang yang dikeluarkan dari penerbangan dari Seattle ke Montreal karena mereka mengeluh harus duduk di kursi yang dipenuhi muntahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper