Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Rustem Umerov, Calon Pengganti Menhan Ukraina Reznikov yang Dipecat

Berikut profil Rustem Umerov, pejabat pilihan Zelensky yang didapuk jadi calon Menteri Pertahanan Ukraina.
Profil Rustem Umerov, pejabat yang disinyalir akan ditunjuk sebagai Menhan Ukraina/Reuters
Profil Rustem Umerov, pejabat yang disinyalir akan ditunjuk sebagai Menhan Ukraina/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Oleksii Reznikov pada Minggu (3/9/2023).

Menyusul pemecatannya, nama Reznikov dikaitkan dengan beberapa skandal terkait pengadaan peralatan dan perbekalan tentara Ukraina.

“Saya yakin kementerian pertahanan memerlukan pendekatan baru dan format interaksi lain, baik dengan militer maupun masyarakat secara keseluruhan,” kata Zelensky dalam pidatonya.

Di sisi lain, muncul sosok yang digadang-gadang menjadi pengganti Reznikov. Ia adalah Rustem Umerov yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dana Milik Negara Ukraina.

Dilansir dari Reuters pada Senin (4/9/2023), Zelensky dikabarkan telah mengusulkan nama Umerov kepada parlemen, yang harus disetujui sebelum dia diangkat.

Profil Rustem Umerov

Umerov adalah seorang Tatar Krimea, yaitu orang Turki dari semenanjung Ukraina di Laut Hitam yang wilayahnya diambil alih oleh Rusia pada tahun 2014. Dia lahir di Samarkand, Uzbekistan dari keluarga Tatar yang dideportasi dari Krimea Soviet pada 1940-an.

Sejak tahun 2020, Umerov telah menjadi anggota gugus tugas pemerintah Ukraina yang mengerjakan strategi untuk mengakhiri pendudukan Krimea.

Pada September 2022, dia yang saat itu menjabat sebagai anggota parlemen dari partai Holos diangkat menjadi kepala Dana Milik Negara, sebuah lembaga yang menjual aset negara kepada investor swasta.

Umerov juga merupakan anggota tim Ukraina yang mengadakan negosiasi dengan Rusia pada Maret 2022, sebulan setelah invasi dimulai. Dia juga mengambil bagian dalam pembicaraan mengenai kesepakatan gandum di Laut Hitam dengan beberapa pihak.

Sebelum terjun ke pemerintahan, dia memulai karir di sektor swasta. Dia bergabung dengan salah satu operator seluler terkemuka di Ukraina pada 2004.

Sembilan tahun kemudian, dia mendirikan perusahaan investasinya sendiri, ASTEM, sekaligus ASTEM Foundation. Umerov memiliki gelar sarjana ekonomi dan master di bidang keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper