Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sidang Tahunan MPR 2023, Wapres Ma'ruf Kenakan Busana Demang Khas Betawi

Ma’ruf Amin mengenakan busana adat Betawai tiba di Gedung DPR untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2023.
Wakil Presiden Maruf Amin tiba di gedung DPR/MPR RI jelang Sidang MPR Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (16/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Wakil Presiden Maruf Amin tiba di gedung DPR/MPR RI jelang Sidang MPR Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (16/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengenakan busana adat Betawai tiba di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)/Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR 203, Rabu (16/8/2023).

Menurut pantauan Bisnis, orang nomor dua di Indonesia itu tiba di lokasi pada pukul 08.26 WIB dengan mengenakan setelan adat demang khas Betawi.

Sebagai bagian dari rangkaian acara kenegaraan di bulan kemerdekaan, Ma’ruf Amin pagi ini, Rabu (16/8/2023), menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD.

Dalam sidang ini, Wapres akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wapres didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin. Di lobi utama, Wapres disambut di oleh oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, untuk selanjutnya menuju ruang tunggu utama dan menanti kedatangan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Wapres dan Wury Ma’ruf Amin tampak serasi dan elegan. Apabila tahun lalu Wapres mengenakan busana adat Solo, Jawa Tengah, kali ini dia hadir dengan mengenakan pakaian Demang khas adat Betawi, Provinsi DKI Jakarta.

Wapres memilih pakaian atas berupa setelan pakaian Demang berwarna hitam dipadu dengan kain bertumpal berwarna cerah dengan hiasan rantai di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai peci berwarna hitam.

 Pakaian adat Betawi yang dipakai Wapres ini memiliki makna kegagahan dan juga kesopanan. Sedangkan peci sebagai penutup kepala melambangkan ketaatan dan kecerdasan.

Sementara itu, Wury Ma’ruf Amin mengenakan kebaya nasional berwarna cokelat dipadukan dengan selendang berwarna senada dan songket Bali bernuansa gelap.

Usai menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD ini, sekitar pukul 13.30 WIB di tempat yang sama, Wapres juga akan menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2023 – 2024, sekaligus mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya.

Selain Pimpinan dan Anggota MPR, DPR, dan DPD, tampak hadir pula para Mantan Presiden dan Wakil Presiden, para Kepala Lembaga Negara, para Duta Besar Negara Sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Mantan Pimpinan MPR/DPR/DPD, serta tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper