Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu China Wang Yi Ajak Filipina Negosiasi Konflik Laut China Selatan

Wang Yi mengajak Filipina menemukan solusi atas ketegangan di sekitar Laut China Selatan.
Menteri Luar Negeri China Wang Yi /Istimewa
Menteri Luar Negeri China Wang Yi /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri China Wang Yi mendesak Filipina untuk bekerja sama mencari cara yang efektif dalam meredakan ketegangan di Laut China Selatan.

Melansir Reuters, Sabtu (12/8/2023), Wang Yi mengutarakan pernyataan tersebut dalam kunjungannya ke Singapura dan Malaysia yang berlangsung pada hari Kamis dan Jumat.

Komentar tersebut diungkapkan di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara atas lokasi kapal perang yang mendarat yang berfungsi sebagai pos militer di Laut China Selatan (LCS).

Ketegangan di Laut China Selatan semakin meningkat setelah China mendesak Filipina untuk memindahkan kapal perang yang ditempatkan dari Second Thomas Shoal, yang kemudian ditolak oleh Filipina.

Pekan ini, Kedutaan Besar China di Manila mengkritik Amerika Serikat karena "mengumpulkan" sekutu-sekutunya untuk terus memanas-manasi isu Laut China Selatan dan insiden kapal tersebut.

Di bawah Presiden Ferdinand Macros Jr, Filipina kini cenderung berpihak AS dan mendapat dukungan dari Negeri Paman Sam dalam perselisihan maritim dengan China.

"Laut China Selatan bukanlah 'taman safari' bagi negara-negara di luar kawasan ini untuk membuat kekacauan dan menabur perselisihan," tegas Kedutaan China dalam pernyataan resminya.

China telah berulang kali menyatakan kesediaannya untuk menyelesaikan konflik dengan Filipina melalui dialog bilateral, dengan harapan pihak Filipina akan mematuhi konsensus yang dicapai di masa lalu, demikian dilaporkan kantor berita Xinhua yang mengutip pernyataan Wang.

Filipina dengan mengandaskan kapal perang era Perang Dunia Kedua Sierra Madre pada tahun 1999 sebagai bagian dari klaim kedaulatannya atas Second Thomas Shoal, yang terletak di dalam zona ekonomi eksklusifnya (ZEE).

Selain itu, Filipina juga mengerahkan sejumlah pasukan militernya untuk berjaga di sekitar wilayah kapal tersebut.

Filipina memenangkan putusan arbitrase internasional pada tahun 2016 terhadap klaim China atas hampir seluruh wilayah Laut China Selatan, setelah pengadilan memutuskan bahwa klaim luas China tidak memiliki dasar hukum, termasuk di Second Thomas Shoal.

China, yang tidak mengakui putusan tersebut, telah membangun pulau-pulau buatan yang dimiliterisasi di LCS. Selain itu, klaim kedaulatan China tumpang tindih dengan ZEE Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper