Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beda dengan Logika Anies, Jokowi Minta Mahasiswa LPDP di Luar Negeri Lekas Pulang

Jokowi meminta mahasiswa penerima LPDP yang sekolah di luar negeri untuk lekas pulang.
Beasiswa LPDP
Beasiswa LPDP

Bisnis.com, SOLO - Jokowi meminta mahasiswa penerima LPDP yang sekolah di luar negeri untuk lekas pulang. Hal ini berbeda dengan logika yang sempat disampaikan Anies Baswedan.

Sebelumnya, Anies Baswedan meminta agar mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri, baik melalui jalur beasiswa atau mandiri, untuk tak buru-buru pulang ke RI.

Salah satu alasan Anies mengatakan demikian adalah agar mahasiswa yang kuliah di luar negeri ini lebih banyak mendapatkan practical training.

Selain itu, Capres 2024 tersebut juga meminta para mahasiswa di luar negeri untuk membangun jaringan yang luas sehingga memperluas wawasan dan pengalaman.

"Bangun jaringan, perluas wawasan, punya pengalaman. Lalu saya selalu anjurkan, tulislah di Facebook Anda, Instagram Anda kepada sekolah ke tempat Anda belajar," ucap Anies dikutip dari wawancara bersama Profesor Rhenald Kasali pada Rabu (2/8/2023).

Mengacu pada logika ini, Anies mengatakan bahwa mahasiswa yang kuliah di luar negeri baiknya tidak cepat-cepat pulang.

"Kita lagi butuh orang-orang Indonesia berada di badan-badan global," tambahnya.

Namun logika Anies ini bertentangan dengan anjuran yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo. Jokowi justru meminta penerima LPDP untuk lekas pulang ke tanah air apapun yang terjadi.

"Pulang, setelah selesai studi berkaryalah. Ilmunya jangan diendapkan untuk diri sendiri dan yang paling penting saya titip, pulang, pulang, pulang," kata Jokowi dalam acara Puncak Acara LPDP Festival Tahun 2023, Kamis 3 Agustus 2023.

Bahkan orang no.1 di Indonesia itu meminta agar penerima beasiswa LPDP untuk lekas pulang ke Indonesia meskipun gajinya lebih kecil.

Hal tersebut lantaran Indonesia saat ini tengah membutuhkan banyak anak-anak muda dengan visi ke depan yang bisa memajukan bangsa.

"Meskipun gaji di sini lebih rendah sedikit, tetap pulang. Meskipun fasilitas enak di negara lain, tetap pulang. Karena negara kita saat ini sangat membutuhkan anak-anak muda yang memiliki pemikiran yang memiliki visi ke depan yang lebih baik dan kita memang kurang SDM yang seperti itu," imbuh Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper