Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilot Ukraina Berlatih dengan Pesawat Tempur F-16 di Denmark

Pilot Ukraina akan menerima pelatihan jet tempur F-16 di Denmark dan Rumania.
Jet tempur F-16V buatan Amerika Serikat (AS)./Istimewa
Jet tempur F-16V buatan Amerika Serikat (AS)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pilot Ukraina akan menerima pelatihan jet tempur F-16 di Denmark dan Rumania, sementara lokasi lain sedang dipertimbangkan juga, kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby pada 26 Juli.

Namun, pejabat tersebut mencatat bahwa rincian lain dari skema pelatihan belum diselesaikan.

“Tanggal, lokasi, panjang silabus, semuanya masih digodok,” kata Kirby dalam konferensi pers.

Menurut Kirby, Inggris memberikan pelajaran bahasa Inggris kepada pilot Ukraina sehingga mereka dapat mengoperasikan jet buatan Barat.

Politico melaporkan sebelumnya pada 26 Juli bahwa sejauh ini tidak ada negara yang berkomitmen untuk mendukung pelatihan tersebut dan tidak ada keputusan akhir tentang rencana tersebut, meskipun ada harapan bahwa itu akan dimulai musim panas ini.

Menurut sumber Politico, salah satu ide yang telah dibahas adalah mengirim pilot Ukraina ke AS untuk dilatih di unit Air National Guard di Arizona. Pangkalan itu sudah melatih mitra asing tentang cara mengoperasikan F-16.

Ide alternatifnya adalah mengirim pilot AS ke Eropa untuk melatih pilot Ukraina di pangkalan Eropa.

Politico menambahkan bahwa Draken International, kontraktor kedirgantaraan, telah merekrut pensiunan pilot militer untuk melatih warga Ukraina di sebuah fasilitas yang didirikan di Rumania sebagai pusat pelatihan F-16 regional.

Penjabat Menteri Pertahanan Denmark Troels Lund Poulsen mengatakan pada 15 Juni bahwa pilot Ukraina akan dapat berlatih dengan jet tempur F-16 di pangkalan Angkatan Udara Denmark Skrødstrup di Jutlandia Selatan.

Pada KTT Vilnius NATO awal Juli, Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov menandatangani sebuah memorandum dengan 11 negara yang menguraikan persyaratan pelatihan F-16 untuk pilot Ukraina.

Pada 17 Juli, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden "telah memberikan lampu hijau" untuk mengizinkan negara-negara Eropa meluncurkan pelatihan yang sangat dinantikan untuk pilot Ukraina.

Kirby mengatakan pada 21 Juli bahwa Ukraina akan menerima jet tempur F-16 sebelum akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper