Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makin Susah Digempur Rusia, Kini Ranpur Bradley Ukraina Dilengkapi ERA

Kendaraan tempur (ranpur) Bradley dipasang ERA sehingga makin susah digempur Rusia.
Kendaraan tempur Bradley Ukraina.
Kendaraan tempur Bradley Ukraina.

Bisnis.com, JAKARTA - Militer Ukraina terus melakukan pemberharuan terhadap Bradley guna berhadapan dengan senjata canggih milik Rusia.

Misalnya kendaraan tempur infanteri M2A2 Bradley ODS diberikan oleh Amerika Serikat (AS) ini teknologinya ditingkatkan dengan memasang explosive reactive armor (ERA) dirancang menetralkan efek senjata anti-tank.

Bradley Urban Survival Kit (BUSK) yang komprehensif mencakup pelindung tambahan untuk berbagai bagian kendaraan termasuk menara komandan kendaraan, pelindung bawah untuk perlindungan terhadap alat peledak, dan pelindung ekstra untuk sel bahan bakar, kursi pengemudi, dan menara.

Konsep BUSK dikembangkan selama operasi kontra-pemberontakan AS di Irak selama tahun 2000-an.

Konsen ini kemudian digunakan sepenuhnya dengan kit BUSK III yang ditingkatkan di Korea Selatan. Ukraina telah melengkapi tanknya dengan lapis baja reaktif, kemungkinan didorong oleh pengalaman tempur.

Pasukan Ukraina menghadapi ancaman dari peluru kendali dan ranjau anti-tank. BUSK memberikan perlindungan terhadap ancaman ini.

Meskipun mengalami banyak kerugian dan kerusakan, Bradley mampu melindungi awaknya, dan beberapa kendaraan yang rusak telah diperbaiki dan dikembalikan ke medan perang.

Ubin lapis baja reaktif pada BUSK dirancang untuk meledak saat terkena RPG yang masuk. Armor slat, yang terdiri dari batang logam yang dipasang di sisi kendaraan, dirancang untuk meledakkan RPG yang masuk sebelum RPG itu dapat mengenai armor utama, yang sbisa mengurangi keefektifannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper