Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Sambut Bulan Muharram 1445 Hijriah dengan Gebyar Muharram

Kementerian Agama (Kemenag) RI menyambut bulan Muharram 1445 Hijriah dengan menggelar Gebyar Muharram.
Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI Ahmad Zayadi./Dok. Kemenag
Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI Ahmad Zayadi./Dok. Kemenag

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI menyambut bulan Muharram 1445 Hijriah dengan menggelar Gebyar Muharram.

Gebyar Muharram digelar dengan bertajuk "Spirit 1445 Hijriah, Merawat Kerukunan, Perkokoh Semangat Kebangsaan" yang akan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kemenag, Jalan M.H. Thamrin, pada 25-27 Juli 2023.

Melansir keterangan resmi Kemenag RI, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag RI Ahmad Zayadi menyatakan akan ada berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah itu.

Kemenag akan mengadakan santunan anak yatim, pentas seni dan budaya Islam, dan launching Kampung Moderasi Beragama (KMB). Selain itu juga akan ada Dialog Ormas Kepemudaan Islam hingga pameran seni kaligrafi.

Subdit Kemitraan Umat Islam akan menggelar sesi Dialog Ormas Kepemudaan Islam dengan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Sesi ini juga akan dihadirkan narasumber Husein Bin Ja'far Al Hadar, Nuruzzaman, dan Islah Bahrawi.

“Gebyar Muharam nanti ada refleksi dan hikmah tahun baru yang akan disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Kegiatan ini juga akan diisi dengan salawat oleh Juara 1 Festival Salawat 2023 dan dimeriahkan penampilan seni tradisi Islam,” katanya pada Selasa (18/7/2023).

Selain itu, Subdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadist akan menghadirkan qari internasional untuk melantunkan Haflatul Qur’an yang dipimpin Dewan Hakim Internasional Said Agil Husin Al-Munawar.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mengisi Tahun Baru hijriah dengan hal-hal positif. Mari kita jadikan momen Tahun Baru Hijriah sebagai momen meningkatkan kesadaran sosial di kalangan umat beragama di Indonesia. Kita harus terus memperkuat semangat kebangsaan dan menciptakan lingkungan yang harmonis dalam konteks Indonesia yang beragam suku, budaya, bahasa, dan agama,” ujarnya.

Selanjutnya, bersama Wakil Menteri Agama juga akan dihelat peluncuran Kampung Moderasi Beragama (KMB) secara serentak di seluruh Indonesia, dan akan ada sekitar 1.000 Kampung Moderasi Beragama di seluruh Indonesia.

Selain itu, akan ada orasi moderasi beragama yang dibawakan Alissa Wahid. Acara akan dimeriahkan dengan penampilan Palang Pintu, Juara Selawat dari Banten, serta Bengkel Kaligrafi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper