Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Minta Menteri Kabinet Indonesia Maju Tak Sibuk Urus Pemilu

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin berharap agar menteri dan wakil menteri (wamen) pada Kabinet Indonesia Maju tidak hanya sibuk mengurus masalah pemilu.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap agar menteri dan wakil menteri (wamen) pada Kabinet Indonesia Maju tidak sibuk untuk mengurusi pemilihan umum (pemilu) 2024.

Ma'ruf pun berharap agar sebagai pembantu di kabinet pemerintahannya setiap menteri dan wamen dapat bekerja maksimal dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

“Hiruk pikuk Pemilu tidak boleh mengganggu kerja. Baik, pemilu dan pilpres berjalan tetapi kerja tidak terganggu. Jangan sampai sibuk ngurusi pemilu bukan mengurusi pekerjaan, karena waktu [jabatan] tinggal 1 tahun 2 bulan supaya kerjanya dioptimalkan supaya berhasil menghasilkan sesuatu,” katanya dikutip melalui Youtube Sekretariat Wapres, Senin (17/7/2023).

Ma'ruf juga berharap agar para wakil menteri yang dilantik berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 32/M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju agar tidak terjerat oleh kasus-kasus hukum, salah satunya korupsi.

“Saya berharap kepada Menteri maupun Wakil Menteri dalam sisa waktu yang tidak lama ya hanya 1 tahun 2 bulan ini supaya dimanfaatkan dengan baik dan dijaga jangan sampai terjadi hal seperti sebelumnya sehingga terjadi adanya penggantian menteri lagi dan supaya wamen juga supaya bekerja optimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Ma'ruf terlihat absen dalam acara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju pada Senin (17/7/2023).

Sekadar informasi, absennya wapres dalam agenda reshuffle bukan kali pertama. Ma'ruf sebelumnya juga tidak menghadiri pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB) pada Rabu (7/9/2022), dirinya tengah melakukan kunker ke Palembang.

Kemudian, saat penunjukkan Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), Wapres Ke-13 RI itu sedang kunker di Jambi pada Rabu (15/6/2022).

Selanjutnya, saat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo yang baru dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023), Ma’ruf Amin sedang menjalani kunker di Semarang.

Terakhir, saat pelantikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, Wapres sedang melakukan rangkaian kunjungan kerja di Papua.

“Saya memang sudah diberitahu oleh pak Presiden [ada reshuffle] cuma saya tidak bisa menghadiri pelantikan itu karena saya masih melanjutkan acara di Papua ini kunjungan saya di Papua sampai hari ini,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper