Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reshuffle Kabinet: Beredar nama Moeldoko jadi Mentan, Andika Perkasa Jabat KSP

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik sejumlah nama dalam agenda reshuffle kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Senin (17/7/2023) di Istana Negara.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara jamuan makan malam atau Welcoming Dinner KTT Asean 2023 di Hotel Ayana, Labuan Bajo, NTT pada Rabu (10/5/2023).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara jamuan makan malam atau Welcoming Dinner KTT Asean 2023 di Hotel Ayana, Labuan Bajo, NTT pada Rabu (10/5/2023).

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah nama dikabarkan akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Senin (17/7/2023) di Istana Negara.

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia itu juga dikabarkan akan melantik Dewan Pertimbangan Presiden dan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS)

Saat dikonfirmasi Bisnis, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengamini akan ada pelantikan. Meskipun, dirinya tak menyebutkan siapa saja nama yang akan dilantik.

“Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara,” tuturnya saat dikonfirmasi Bisnis, Minggu (16/7/2023).

Senada, Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Indonesia (Stafsus Mensesneg) Faldo Maldini pun membenarkan informasi tersebut bahwa Jokowi akan melantik sejumlah nama untuk masuk ke dalam kabinet Indonesia Maju.

“Rencananya begitu. Untuk [daftar] personil [yang dilantik] besok saja ya,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (16/7/2023).

Berdasarkan informasi yang beredar, orang nomor satu di Indonesia itu akan melakukan pelantikan Menteri dan Wakil Menteri (Wamen) di sejumlah pos, mulai dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Agama (Kemenag), hingga Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kemen BUMN).

“Mengharap dengan hormat kehadiran Bapak/Ibu/Saudara pada acara Pelantikan Menteri Dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019 – 2024,” berikut isi undangan yang dikutip Bisnis, Minggu (16/7/2023).

Adapun, turut beredar nama-nama yang akan mengisi bangku di kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin itu, mulai dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie, Wamekominfo Nezar Patria, Wamendes Prof Paiman Raharjo, Wamenlu Pahala Mansury, WamenBUMN Rosan Roeslani, dan Wantimpres Djan Farid.

Tidak hanya Menteri dan Wamen, nama Wishnutama Kusubandio juga beredar untuk menduduki posisi Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS).

Tak hanya itu, terdapat informasi beredar bahwa ada sejumlah pergeseran jabatan di Kabinet Indonesia Maju, seperti Gandi Sulistiyanto yang awalnya merupakan Dubes untuk Korea Selatan (Korsel) akan dilantik menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

Kemudian, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menjadi Menteri Pertanian, dimana posisi Kepala KSP akan digantikan oleh Jendral TNI (P) Andika perkasa yang merupakan mantan panglima TNI.

Sementara itu, saat dikonfirmasi secara terpisah Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie tak menepis kabar tersebut

"Kami menunggu pengumuman dari Presiden. Karena itu hak preogratif Presiden," ujarnya kepada wartawan melalui pesan singkat, Minggu (16/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper