Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nama Prabowo dan Erick Thohir Kian Melambung Jelang Pilpres 2024

Erick Thohir kian berpotensi berlaga dalam kontestasi pemilihan presiden 2024 karena dinilai sukses memimpin Kementerian BUMN serta PSSI.
Menteri BUMN Erick Thohir./Bisnis-Rika A.
Menteri BUMN Erick Thohir./Bisnis-Rika A.

Bisnis.com,JAKARTA - Erick Thohir kian berpotensi berlaga dalam kontestasi pemilihan presiden 2024 karena dinilai sukses memimpin Kementerian BUMN serta PSSI.

Sebagaimana diketahui, dalam survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) Prabowo Subianto dan Erick Thohir menduduki peringkat teratas sebagai capres dan cawapres pilihan masyarakat Indonesia. Bahkan ketika LSI membuat simulasi kedua tokoh ini dipasangkan di pilpres 2024, pasangan Prabowo-Erick masih lebih unggul dibandingkan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.

Menanggapi hasil survey itu, analis politik, Kalimah Wasis Lestari, mengatakan, tren nama Prabowo di berbagai survei terus menunjukan kenaikan. Dia menilai fenomena itu lantaran kedekatan Prabowo dengan Presiden Joko Widodo di berbagai event kenegaraan. Jokowi, tuturnya, memang cukup efektif mendongkrak elaktabilitas capres.

"Selain karena kedekatan dengan Presiden Jokowi, Prabowo juga sudah berinvestasi nama sejak dia dan Megawati Soekarno Putri maju sebagai capres cawapres. Ini dibuktikan dengan selisih kemenangan antara Jokowi dan Prabowo di pilpres 2019 sangat tipis. Sehingga kombinasi ini yang menurut saya membuat nama Prabowo masih tinggi di berbagai lembaga survei," ucapnya, Sabtu (15/7/2023). 

Adapun Erick Thohir, tuturnya, mencapai elaktabilitas yang kian tinggi karena posisinya sebagai ketua umum PSSI. Hal ini dapat dilihat dari data berbagai lembaga survei ketika Ganjar menolak Israel bermain bola di Piala Dunia U20, membuat elaktabilitas Gubernur Jateng itu melorot cukup jauh.

Sementara itu isu Piala Dunia U20 justru menjadi momentum kenaikan elaktabilitas Erick. Berbagai upaya yang dilakukan ketua umum PSSI untuk mengobati kekecewaan pencinta bola akibat Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 direspon positif masyarakat Indonesia.

Apa lagi Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada ketua umum PSSI dalam melakukan pembenahan dan transformasi sepak bola di Indonesia. Jika Erick konsisten dalam melakukan pembenahan di PSSI, Kalimah optimis elaktabilitasnya akan terus mengalami kenaikan. Sebab semakin banyak event sepak bola diselenggarakan, akan semakin membuat nama Erick terus melambung.

"Dia diibaratkan sebagai sosok yang mengobati kekecewaan masyarakat bola akibat gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Saat ini setiap gerak gerik Erick dalam pembenahan sepak bola Indonesia disorot media dan direspon positif oleh masyarakat. Langkah Erick di PSSI mampu merebut simpati masyarakat Indonesia,"terang Kalimah.

Namun akademisi Universitas Airlanga ini mengingatkan agar Erick terus mengkomunikasikan kinerjanya di BUMN. Bahkan ada masyarakat yang tak setuju jika Erick maju sebagai cawapres. Justru Erick cocok sebagai ketua umum PSSI.

"Erick itu dalam bekerja memiliki tangan dingin. Setiap event yang dipegang oleh Erick selalu berhasil. Termasuk pembenahan di BUMN. Agar dapat maju sebagai kandidat cawapres, Erick  harus bisa meyakinkan masyarakat Indonesia jika nanti ia maju sebagai cawapres ia tetap konsisten dan mengawal pembenahan sepak bola di Indonesia dengan baik. Masyarakat juga menginginkan Erick konsisten membenahi BUMN. Memang isu bola lebih seksi ketimbang BUMN," papar Kalimah.

Disinggung soal elaktabilitas Anies Baswedan, Kalimah menilai bergabungnya mantan Gubernur DKI ke dalam koalisi perubahan saat ini sangat tidak menguntungkan dirinya. Padahal Anies dinilai memiliki investasi nama ketika maju sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kalimah menilai saat ini justru bergabungnya Anies memberikan dampak positif bagi partai pengusungnya.

"Selain itu pola kampanye Anies yang berubah dinilai kurang seksi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Apa lagi banyak penyebaran video oleh pendukungnya melalui sosial media yang mengkritisi PSSI, membuat elaktabilitas Anies semakin melorot. Harusnya tim suksesnya dapat mencari isu-isu yang lebih menjual untuk meningkatkan elaktabilitas Anies," kata Kalimah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper