Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Titan Hanya 13 Kali Sukses Mencapai Bangkai Titanic dari 90 Penyelaman

Kapal selam Titan hanya mencapai kedalaman bangkai kapal Titanic 13 kali dari 90 kali penyelaman.
Kapal Selam Wisata Titanic/dok. Tangkapan layar Instagram.
Kapal Selam Wisata Titanic/dok. Tangkapan layar Instagram.

Bisnis.com, JAKARTA - Kapal selam Titan hanya mencapai kedalaman bangkai kapal Titanic 13 kali dari 90 kali penyelaman.

Hal tersebut disampaikan calon penumpang kapal Titan yang batal berangkat melansir Insider, Senin (10/7/2023). Seperti  diketahui kapal wisata Titan dioperasikan OceanGate.

Kapal selam itu berhasil menyelesaikan "sedikitnya 13" penyelaman pada kedalaman 3.800 meter ke kedalaman Titanic, kata surat pernyataan yang ditandatangani calon penumpang.

Itu berarti kemungkinan keberhasilan hanya sekitar 14 persen untuk penyelamannya ke kedalaman Titanic.

OceanGate menyatakan bahwa mereka telah menyelesaikan lebih dari 14 ekspedisi dan 200 penyelaman di Pasifik, Atlantik, dan Teluk Meksiko menggunakan dua kapal selam, menurut arsip situs webnya, sementara itu penyelaman pertama yang berhasil ke Titanic pada tahun 2021, menurut Forbes.

Tapi, sejak ledakan dahsyat kapal selam pada 18 Juni 2023 yang menewaskanlima orang di dalamnya, para ahli telah membahas banyak masalah dengan desain Titan.

Rob McCallum, yang menyediakan layanan konsultasi untuk OceanGate pada tahun 2009, telah menyampaikan masalah keamanan kepada CEO-nya, Stockton Rush, sejak tahun 2018.

McCallum memberi tahu hal tersebut kepada CEO OceanGate, namun diabaikan.

Salah satu kekhawatiran terbesar ahli kapal selam adalah bahwa tidak ada badan pengawas yang telah mensertifikasi atau menyetujui kapal selam tersebut, seperti diungkap dalam perjanjian yang diteken calon penumpang.

Formulir itu juga mengatakan kapal selam Titan "dibangun dari bahan yang belum banyak digunakan untuk kapal selam berawak."

Guillermo Sohnlein, salah satu pendiri OceanGate bersama Rush, mengatakan kepada BBC News bahwa kapal selam itu menjalani "program pengujian yang ketat", dikembangkan selama 14 tahun, dan "sangat kuat".

Tetapi Brian Weed, seorang mantan penumpang, mengatakan kepada Insider, bahwa kapal selam tersebut gagal dalam uji menyelam pada tahun 2021, karena pendorongnya berhenti bekerja, terjebak di bawah air selama lebih dari dua jam dan tidak pernah mencapai kedalaman dari 100 kaki.

Tes pada kapal selam di Deep Ocean Test Facility, bagian dari Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), juga menemukan bahwa lambung serat karbonnya "menunjukkan tanda-tanda kelelahan siklik" pada kedalaman yang lebih rendah, menurut GeekWire.

OceanGate kemudian harus membatalkan rencana penyelaman ke Titanic pada 2018, 2019, dan 2020, kata laporan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper