Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Nabi Adam untuk Meminta Ampunan, Rezeki, Hingga Jodoh

Setiap nabi biasanya memiliki amalan tersendiri, tak terkecuali Nabi Adam. Berikut kumpulan doa Nabi Adam yang perlu diamalkan.
Ilustrasi seorang muslimah sedang berdoa/Freepik.
Ilustrasi seorang muslimah sedang berdoa/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Nabi Adam memiliki amalan yang dapat dipraktikan, salah satunya doa. Doa Nabi Adam saat ini banyak diamalkan oleh umat muslim untuk memperoleh ampunan, rezeki, sampai meminta jodoh kepada Allah. 

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar doa Nabi Adam lengkap dengan artinya. Mari simak pembahasannya berikut ini. 

Doa Nabi Adam Ketika Bertaubat

Manusia letaknya salah, begitupula dengan Nabi Adam AS. Akibat memakan buah yang dilarang, beliau dikeluarkan oleh Allah SWT dari surga. 

Terdapat doa Nabi Adam memohon ampunan yang dipanjatkannya sebagai bentuk penyesalan dan upaya memperbaiki kesalahannya kepada Allah SWT. Doa tersebut juga sering dipanjatkan oleh umat muslim hingga saat ini.  Berikut ini doa Nabi Adam untuk memohon ampunan kepada Allah.

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Artinya: 

“Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

Doa Nabi Adam Pembuka Rezeki

Selain doa untuk meminta ampunan, ada pula doa Nabi Adam untuk kekayaan yang dapat kita amalkan. Cara mengamalkannya dengan membacanya setiap selesai sholat fardhu, minimal 1 – 3 kali. 

Apabila ada hajat penting dan mendesak, dianjurkan untuk sholat hajat terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan dengan membaca doa di bawah ini sebanyak 111x atau 313x.

Sebaiknya, waktu pelaksanaan sholat hajatnya dilakukan di malam hari selama 9 hari berturut-turut. Setelahnya, ditutup dengan membaca doa Nabi Adam dan artinya berikut ini. 

اللّهُمّ إِنّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلَانِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطِنِيْ سُؤَلِيْ وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ وَيَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمُ أَنَّهُ لَا يُصِيْبُنِيْ إِلَّا مَا كَتَبْتَ لِي وَأَرْضِنِيْ بِمَا قَسَّمْتَ لِي

Artinya: 

“Ya Allah, sungguh Engkau maha mengetahui sesuatu yang tersembunyi dan tampak dariku, maka terimalah penyesalanku. Engkau juga maha mengetahui tentang hajatku, maka kabulkanlah permintaanku. Dan Engkau mengetahui apa yang ada dalam hatiku, maka ampunilah dosaku. Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu iman yang menyentuh kalbuku dan keyakinan yang benar sehingga aku meyakini bahwa tidak akan menimpaku kecuali apa yang telah engkau tetapkan padaku. Dan ridhoilah aku terhadap apa yang Engkau tetapkan untukku.”

Doa Nabi Adam Meminta Pasangan

Allah SWT menciptakan manusia berpasang-pasangan, layaknya Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Setelah dikeluarkan dari surga, Nabi Adam dipertemukan kembali dengan Siti Hawa di dunia setelah berusaha bertemu dan mengulang-ulang doa berikut. Inilah doa Nabi Adam minta jodoh dengan Siti Hawa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. 

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha tahu segala hal yang tersembunyi dan yang tak terlihat dariku, untuk itu terimalah penyesalanku. Engkau tahu hajat dan keinginan ku, maka segeralah kabulkanlah permintaanku. Engkau tahu apa yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosaku. Ya Tuhan meminta kepada Mu, sikap keimanan yang datang dari diri. Dan aku jua meminta keyakinan yang benar, sehingga aku mengetahui bahwa tidak akan menimpaku kecuali telah Engkau tetapkan atasku. Ya Allah berikanlah rasa rela terhadap apa yang Engkau bagi untuk diriku.”

Itulah kumpulan doa Nabi Adam memohon ampun kepada Allah, doa Nabi Adam untuk kekayaan yang bisa kita amalkan, hingga doa meminta jodoh yang diamalkan oleh Nabi Adam agar bertemu dan hidup bersama dengan Siti Hajar.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper