Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

25 Nama-Nama Nabi Beserta Mukjizatnya yang Wajib Diketahui

Berikut ini nama-nama nabi dan mukjizatnya yang perlu kamu ketahui agar mengetahui mukjizatnya
25 Nama-Nama Nabi Beserta Mukjizatnya yang Wajib Diketahui/Pinterest
25 Nama-Nama Nabi Beserta Mukjizatnya yang Wajib Diketahui/Pinterest

Bisnis.com, JAKARTA - Beriman kepada Nabi dan Rasul menjadi salah satu dari 6 rukun iman, yang harus dipegang oleh umat muslim. Dalam HR. Ahmad no. 22342 disebutkan jika ada 124 ribu Nabi dan di antaranya sebanyak 315 merupakan para Rasul. Dengan demikian, umat muslim hanya diwajibkan untuk mengetahui 25 nama-nama Nabi dan Rasul. 

Nama-nama Nabi 25 berurutan tersebut juga mengingatkan umat Islam akan sejarah dan keteladanan para Nabi dalam menjalankan tugas dan misi mereka. Penting bagi umat Islam untuk menghormati dan mempelajari kisah dan ajaran-ajaran Nabi Allah sebagai teladan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini adalah beberapa nama-nama Nabi dan Mukjizatnya yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

  • Nabi Adam As

Nabi Adam As memiliki mukjizat berupa pengetahuan akan alam semesta. Sudah diterangkan pada Al-Quran pada firman Allah Q.S Al-Baqarah ayat 31 yaitu “Dan dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya”

  • Nabi Idris As

Nabi Idris As memiliki mukjizat berupa kepandaian ilmu. Pengetahuan yang dimilikinya sangat luar biasa bahkan bisa digunakan hingga saat ini. sungguh pengetahuan yang luas karena Nabi Idris As sangat rajin dalam mengkaji dan mempelajari banyak hal. 

  • Nabi Nuh As

Banyak muslim yang mendengar mengenai kisah Nabi Nuh As selamat dari banjir bandang yang cukup dahsyat dengan membuat sebuah perahu. Kesabaran yang dimiliki oleh Nabi Nuh As menjadikan dirinya memiliki mukjizat yang besar itu. Terbukti dengan kisahnya karena banyak orang yang membencinya bahkan istri dan anaknya tidak mempercayainya saat memberikan berita bahwa akan terjadi banjir bandang.

  • Nabi Hud As

Nabi Hud sejak kecil sudah dikenal sebagai orang dengan sifat terpuji seperti Amanah, jujur, berbudi pekerti, pekerja keras, ramah dan sangat bijaksana sehingga banyak yang menyukainya. 

  • Nabi Saleh As

Dalam masa hidupnya, Nabi Saleh As menetap pada daerah Arab Utara dan menjadi orang yang sangat dihormati bahkan dijunjung tinggi oleh kaum Tsamud Al-Hijr. Kaum ini sangat pandai dalam membuat batu-batu pegunungan dengan cara memahat. Di sana banyak bangunan yang megah dan indah. 

  • Nabi Ibrahim As

Mukjizat yang dimiliki Nabi Ibrahim As seperti: 

  1. Saat dibakar tubuh Nabi Ibrahim tidak hangus. 
  2. Bisa mengeluarkan madu dari jarinya Ketika masih bayi sehingga bertahan hidup di gua dan juga keluar susu dari ibu jarinya. 
  3. Mampu menghidupkan makhluk yang sudah mati atas izin Allah. 
  4. Mengubah pasir menjadi makanan. 
  5. Orang pertama yang mampu membangun Ka’bah
  • Nabi Luth As

Wahyu yang pertama kali diberikan kepada Nabi Luth As pada saat berada di Palestina dan terpilih menjadi nabi yang diutus untuk dakwah di Sodom. Kota Sodom ini terletak pada perbatasan Yordania dan Palestina yang kaumnya penuh dengan maksiat, korupsi dan angka kriminalitas yang tinggi. 

  • Nabi Ismail As

Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Ismail As adalah air mata zam-zam yang keluar serta ketabahan Ketika perintah Allah diturunkan kepada Ibrahim agar menyembelihnya. Namun, peristiwa tersebut tidak terjadi dan Ismail digantikan dengan domba. 

  • Nabi Ishaq As 

Nabi Ishaq salah satu dari nama-nama nabi yang melanjutkan tugas ayahnya Nabi Ibrahim untuk berdakwah di palestina dan menyuarakan kaum untuk menyembah dan mengesakan Allah SWT. 

  • Nabi Yakub As

Nabi dengan kesabaran yang cukup tinggi adalah Nabi Yakub sehingga menggambarkan sebagai sosok yang memiliki ketabahan sangat baik. Meskipun memiliki banyak cobaan namun tetap saja bersabar dan tabah meskipun mendapat perlakuan yang tidak baik dari kakaknya. Sifat teladan dan baik inilah yang merupakan mukjizat kekuasaan dari Allah SWT. 

  • Nabi Yusuf As

Perjalanan hidupnya tidak berlangsung mulus dan bahkan banyak rintangan dan cobaan yang dihadapinya. Nabi Yusuf As dibuang ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya. Yusuf juga sempat ditawarkan untuk menjadi orang yang memiliki kekuasaan seperti wakil raja Mesir, Menteri Keuangan Negara dan menjadi raja mesir. Meskipun begitu, nabi Yusuf tidak pernah sombong sedikitpun akan kekuasaan dan ketampanannya. 

  • Nabi Ayyub As

Nabi Ayyub mendapat ujian dan cobaan sangat besar dari Allah yaitu berupa sakit kulit di sekujur tubuhnya. Allah memberikan penyakit yang membuat kulitnya mengidap kusta dan tubuhnya sangat lemah hingga tidka sanggup berjalan sendiri. Namun, paras yang dimiliki Nabi Ayyub sangat rupawan. Bukan hanya penyakit namun keturunan Nabi Ayyub juga semuanya meninggal dunia. 

  • Nabi Syu’aib As

Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Syu’aib As seperti: 

  1. Selamat dari azab yang menimpa kaum Madyan bersama dengan pengikutnya. 
  2. Bisa mendatangkan azab badai panas atas seizin Allah. 
  3. Bisa mendatangkan awan hitam 
  • Nabi Musa As

Mukjizat yang dimiliki Nabi Musa As seperti:

  1. Mampu membelah lautan menggunakan tongkatnya. 
  2. Tangan Nabi Musa As mampu memancarkan Cahaya.
  3. Angin topan didatangkan oleh Allah sebagai azab kaun Fir'aun. 
  4. Membanjirnya katak sebagai azab dari Allah. 
  5. Mampu mengubah air menjadi darah. 
  • Nabi Harun As

Tugas dari Nabi Harun As sendiri adalah sebagai juru bicara karena ketidakfasihan Nabi Musa dalam berbicara. Nabi Harun As sangat baik dalam berdakwah karena mendapatkan wahyu dari Allah SWT. 

  • Nabi Zulkifli As

Nabi Zulkifli memiliki keberanian besar untuk mengambil tanggung jawab menjadi pemimpin. Di usianya yang masih muda putra Nabi Ayyub ini mampu menjadi pemimpin atau Raja dengan kegigihan yang dimilikinya. 

  • Nabi Daud As

Nabi Daud As adalah nabi yang sangat pandai dan bisa menyelesaikan perselisihan dengan baik. Tidak ada yang dirugikan dalam penyelesaian sengketa yang terjadi. Tutur yang sangat melembutkan hati namun tetap dalam bijaksana. 

  • Nabi Sulaiman As

Nabi Sulaiman As bisa berbicara dengan hewan karena diberikan mukjizat oleh Allah SWT. Bahkan mukjizat yang diberikan sangat banyak seperti memindahkan singgasana Ratu Balqis sampai dengan pengikut Ratu Balqis ikut bertobat. 

  • Nabi Ilyas As

Nabi Ilyas As melakukan perjuangan berdakwah untuk kalangan kaum Bani Israil. Sempat diusir oleh kaumnya karena dirasa meresahkan dan mengganggu sehingga tidak mau menerima ajakan Nabi Ilyas untuk menyembah Allah SWT. 

  • Nabi Ilyasa As

Rintangan dan hambatan sering kali dilalui oleh Nabi Ilyasa As namun tidak membuatnya menyerah dan terus saja menyerukan kebenaran pada kaum Bani Israil. Peringatan yang sering disampaikan oleh Nabi Ilyas As adalah seruan akan datangnya hari akhir, surga dan neraka serta kehidupan kekal di akhirat. 

  • Nabi Yunus As

Nabi yang lahir sekitar abad ke 8 SM pada nama-nama nabi dan tepat masa kenabian Ilyas dan Ilyasa. Yunus berasal dari Palestina atau Negeri Syam saat itu disebutkan. Tempat berdakwahnya adalah Kota Ninawa dan menyerukan para penduduk untuk menyembah Allah SWT. Namun, kaum Ninawa sangat keras kepala sehingga membuat Nabi Yunus meninggalkannya dengan perasaan sedih, kecewa, dan marah. Sebelum kepergiannya disampaikan bahwa azab Allah akan segera datang. 

  • Nabi Zakaria As

Sosok Nabi Zakaria sangat mengasuh, menjaga dan merawat istri dan Maryam yang merupakan ibunya. Hal tersebut dikarenakan ayah kandung Maryam menitipkan anaknya kepada Nabi Zakaria As dengan cara mendatanginya. 

Perjalanan dakwahnya adalah dengan mengembalikan akhlak Bani Israil yang sudah melakukan dosa menjadi lebih baik lagi. Bani Israil mampu bertobat dan menyembah Allah SWT karena ajakan Nabi Zakaria As

  • Nabi Yahya As

Saat itu, Nabi Zakaria yang sedang shalat di Mihrab ditemui oleh Malaikat Jibril. Kabar gembira disampaikan yaitu akan dikaruniai anak laki-laki bernama Yahya. 

Nabi Yahya lahir hampir bersamaan dengan Nabi Isa As anak dari Maryam. Dan saat sudah menginjak usia dewasa diajak oleh Nabi Zakaria untuk berdakwah dalam mengenalkan ajaran Islam serta melawan Raja Herodus bersama dengan ayahnya.

  • Nabi Isa As

Nabi Isa As lahir dari seorang perempuan bernama Maryam yang saat itu tidak bersuami. Nabi Isa sewaktu bayi sudah bisa berbicara atas izin Allah karena ibunya dihina dan dijadikan buah bibir masyarakat karena hamil tanpa suami. 

Allah SWT telah menjelaskan bahwa salah satu hamba terbaik pilihan-Nya adalah Nabi Isa As. Allah telah menyiapkan tempat terbaik untuk Isa As dan ibundanya di negara yang aman dan banyak air sehingga baik untuk pertumbuhan Nabi Isa yang masih kecil. 

  • Nabi Muhammad SAW

Mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW seperti: 

  1. Air susu yang melimpah dari ibu persusuan Nabi yaitu Halimah meskipun tubuhnya kurus kering. 
  2. Dada yang dibelah oleh dua orang laki-laki berpakaian serba putih dan mengambil benda hitam dalam dadanya. 
  3. Dapat membelah bulan atas izin Allah SWT. 
  4. Air mengalir dari jari tangannya untuk orang-orang yang merasa haus dan butuh air untuk berwudhu. 
  5. Membuat makanan yang sedikit mampu untuk menyenangkan banyak orang. 
  6. Susu yang diminum juga bisa mengenyangkan banyak orang. 
  7. Doa minta hujan untuk kekeringan yang cukup lama dan berdampak pada kehidupan manusia. 
  8. Mengobati sakit mata seorang sahabatnya. 
  9. Bisa menghidupkan kerikil yang berada di tangannya dan digunakan untuk bertasbih. 
  10. Membuat pelepah kurma menjadi manis karena mengusapkan tangannya ke permukaan pelepah yang biasa digunakan untuk berkhotbah. 
  11. Peristiwa Isra Mi'raj sebagai perintah sholat dari Allah SWT. 
  12. Kitab suci Al-Quran yang menjadi sumber pedoman kehidupan bagi manusia di muka bumi. 

Itulah 25 nama-nama nabi dan rasul beserta mukjizatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper