Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ukraina Klaim Serangan Balasan terhadap Rusia Sangat Berhasil

Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov menyebut serangan balasan Ukraina terhadap pasukan Rusia sangat berhasil.
Prajurit Ukraina di Wilayah Zaporizhzhia, Ukraina tenggara. /Bloomberg /Getty Images
Prajurit Ukraina di Wilayah Zaporizhzhia, Ukraina tenggara. /Bloomberg /Getty Images

Bisnis.com, JAKARTA – Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov menyebut serangan balasan Ukraina terhadap pasukan Rusia sangat berhasil dalam beberapa hari terakhir dan pasukan Ukraina sedang memenuhi tugas utama.

Komentar Danilov adalah penilaian positif terbaru Kyiv atas serangan balik yang telah berlangsung sebulan meskipun Moskow belum mengakui keuntungan Ukraina.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar juga melaporkan kemajuan di sekitar Kota Bakhmut yang hancur, meskipun ada perlawanan sengit dari Rusia. Pasukan Rusia telah merebutnya pada bulan Mei setelah 10 bulan pertempuran.

Rusia, yang memulai invasi besar-besaran pada Februari 2022, masih memegang petak-petak wilayah di Ukraina Timur dan Selatan, tetapi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada Senin (3/7/2023) pasukannya telah membuat kemajuan setelah pekan yang "sulit".

“Pada tahap permusuhan aktif ini, Pasukan Pertahanan Ukraina memenuhi tugas nomor satu – penghancuran maksimum, peralatan, depot bahan bakar, kendaraan militer, pos komando, artileri dan pasukan pertahanan udara tentara Rusia. Beberapa hari terakhir sangat bermanfaat," katanya di Twitter, tanpa memberikan rincian apapun dari medan perang.

Valeriy Shershen, Juru Bicara Tavria, atau komando militer selatan, mengatakan pasukan Ukraina telah maju hingga 2 km (1,2 mil) ke arah Berdiansk di Ukraina Selatan, meskipun ada perlawanan sengit dari Rusia.

Wakil Menteri Pertahanan Maliar mengatakan pasukan Ukraina memperoleh keuntungan setiap hari di daerah-daerah di luar Bakhmut.

"Kami maju di sisi selatan Bakhmut. Ke utara, sejujurnya, ada pertempuran sengit dan sejauh ini tidak ada kemajuan. Pasukan kita menghadapi perlawanan serius. Musuh mengerahkan seluruh kekuatannya untuk berhenti di Selatan dan Timur," kata Maliar kepada televisi nasional.

Pasukan Rusia, katanya, juga membuat kemajuan lebih jauh ke utara, dekat Lyman dan di Svatove, di mana pasukan Rusia baru-baru ini sangat aktif.

Di Makiivka, sebuah kota di wilayah Donetsk yang dikuasai Rusia, militer Ukraina telah menghancurkan formasi pasukan Rusia. Pejabat yang dipasang Rusia mengatakan satu warga sipil tewas dan 36 warga sipil terluka dalam serangan itu.

Reuters tidak dapat memverifikasi situasi di medan perang. Masing-masing pihak mengatakan yang lain menderita kerugian besar.

Laporan pertempuran garis depan dari Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah menggagalkan serangan Ukraina di lima wilayah wilayah Timur Donetsk.

Dia juga melaporkan menangkis serangan di dekat Lyman dan mengganggu operasi musuh di wilayah Zaporizhzhia, sedangkan Ukraina mengatakan pasukannya telah merebut sekelompok desa.

Staf Umum militer Ukraina melaporkan memukul mundur serangan Rusia di Kupiansk di bagian Utara Bakhmut dan dekat Kota Avdiivka dan Maryinka yang diperebutkan di Selatan.

Rusia mengatakan pada hari Selasa (4/7/2023), Ukraina telah menyerang Moskow dengan setidaknya lima drone yang semuanya ditembak jatuh atau macet, meskipun salah satu bandara  di Ibu Kota mengubah rute penerbangan selama beberapa jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper