Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Yasin Fadilah, Arti, Arab, Latin, hingga Manfaatnya

Yasin Fadilah merupakan salah satu amalan dalam agama Islam yang memiliki banyak kebaikan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Yasin Fadilah_ Arti, Hukum, Manfaat, dan Tata Cara Membacanya/freepik
Yasin Fadilah_ Arti, Hukum, Manfaat, dan Tata Cara Membacanya/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam Islam, surat Yasin seringkali dijadikan sebagai wirid atau dzikir. Bahkan, terdapat ulama yang membacanya dengan mengulang ayat-ayat tertentu dengan jumlah tertentu yang ditambah dengan dzikir dan doa lain. Bacaan tersebut kemudian dikenal dengan istilah Yasin Fadilah.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar bacaan Yasin Fadilah lengkap dengan hukum dan manfaatnya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Yasin Fadilah?

Yasin Fadilah adalah bacaan yang terdiri dari penggalan surat Yasin yang diselingi dengan kalimat-kalimat doa. Bacaan Yasin Fadilah lengkap mirip dengan tradisi Yasinan yang ada di masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, dari sisi praktik Yasin Fadilah mempunyai keunikan dengan selingan dan sholawat di tengah-tengah ayat tertentu. Penambahan doa dan shalawat tidak mengubah atau mengurangi ayat Al-Quran.

Hukum Membaca Yasin Fadilah

Menurut penjelasan di islam.nu.or.id, hukum membaca Yasin Fadilah yaitu sunnah karena tujuannya untuk berdzikir. Hal ini berdasarkan pada referensi berikut ini:

1. Al Adzkar Lin-Nawawi halaman 12

اعْلَمْ أَنَّ الذِّكْرَ مَحْبُوْبٌ فِيْ جَمِيْعِ الأَحْوَالِ إِلَّا فِيْ أَحْوَالٍ وَرَدَ الشَّرْعُ بِاسْتِثْنَائِهَا

Artinya:

Ketahuilah, Dzikir itu hukumnya sunnah dalam setiap keadaan kecuali keadaan-keadaan yang dilarang oleh syara’.

2. At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur'an halaman 91

وَيُسْتَحَبُّ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ أَنْ يَسْأَلَ اللهَ تعالَى مِنْ فَضْلِهِ وَإِذَا مَرَّ بِآية عَذَابٍ أَنْ يَسْتَعِيْذَ بِالله مِنَ الشَّرِّ أَوْ مِنَ الْعَذَابِ

Artinya:

Apabila membaca ayat rahmat disunnahkan berdoa kepada Allah SWT, memohon kebaikan/nikmat dari-Nya, dan apabila membaca ayat tentang siksa maka disunnahkan memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala keburukan dan siksa.

Manfaat Yasin Fadilah

Sama halnya dengan amalan lainnya, bacaan Yasin Fadilah juga memiliki banyak manfaat. Menurut penjelasan di syekhnurjati.ac.id berikut ini tujuan sekaligus manfaat membaca Yasin Fadilah seperti berikut:

  • Mendekatkan diri kepada Allah.
  • Mempermudah dalam pembelajaran.
  • Memperbanyak rezeki.
  • Membantu mewujudkan keinginan atau hajat.

Tata Cara Membaca Yasin Fadilah Lengkap

Menurut penjelasan di kitab Khozinatul Asror karya Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili (169), disebutkan bahwa tata cara bacaan Yasin Fadilah arab dan latin, seperti berikut:

وَقَالَ بَعْضُهُمْ- لَفْظَةُ يٰس سَبْعَ مَرَّاتٍ وَإِذَا بَلَغَ فِيْ الْقِرَاءَةِ إِلَى قَوْلِهِ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ يُكَرِّرُهَا أَرْبَعَ عَشْرَةَ مَرَّةً وَإِذَا بَلَغَ قَوْلَهُ سَلٰمٌ قَوْلًا مِّنْ رَّبٍّ رَّحِيْمٍ يُكَرِّرُهَا سِتَّ عَشر مَرَّةً وَإِذَا بَلَغَ قَوْلَهُ اَوَلَيْسَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِقٰدِرٍ عَلٰٓى اَنْ يَّخْلُقَ مِثْلَهُمْ ۗبَلٰى يُكَرِّرُهَا أَرْبَعَ مَرَّاتٍ ثُمَّ يَقْرَأُ إِلَى آخِرِهَا

Artinya:

Membaca lafadz Yasin 7 kali. Ketika sampai pada bacaan Firman Allah: Dzalika taqdirul azizil alim diulang 14 kali. Ketika sampai pada bacaan Firman Allah: Salamun Qaulan min Rabbir Rahiim diulang 16 kali, Awalaisalladzi kholaqossamawatiwalardho biqodirin ala anyyakhluqa mitslahum bala diulang 4 kali. Setelah itu dilanjutkan sampai akhir surat. 

Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili juga menerangkan, seperti berikut:

وَمَنْ قَرَأَ السُّوْرَةَ عَلَى هَذَا التَّرْتِيْبِ سَبْعَ مَرَّاتٍ يَحْصُلُ مُرَادُهُ وَمَقْصُوْدُهُ هَكَذَا أَخَذْتُ اْلإِجَازَةَ عَنِ الْمَشَايِخِ

Artinya:

Siapa saja yang membaca Yasin dengan susunan seperti ini 7 kali, maka dia akan mendapatkan apa yang diinginkannya. Seperti inilah saya mengambil ijazah dari para guru.

Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa tata cara bacaan Yasin Fadilah latin maupun arab merupakan kreasi para ulama dan sholihin. Namun, tak menutup kemungkinan berdasarkan ilham dari Allah.

Umumnya, para ulama saat merasakan manfaat dari amalan akan mengajarkan kepada muridnya. Hal tersebut juga berlaku pada bacaan Yasin Fadilah. Walau tak berasal dari hadist Nabi, namun amalan Yasin Fadilah tidak bertentangan dengan hadits apapun.

Sementara itu, dalam kitab Aswabul Faraj karya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki diterangkan bahwa bacaan Yasin Fadilah terdiri dari berbagai dzikir, sholawat, dan doa dari ulama serta sholihin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper