Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian, Skripsi, dan Usaha

Kata pengantar proposal merupakan bagian awal proposal yang dapat menarik pembaca. Berikut beberapa contohnya.
Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian, Skripsi, dan Usaha/pexels
Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian, Skripsi, dan Usaha/pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Anda pasti pernah dihadapkan pada tugas membuat proposal untuk kegiatan penelitian, skripsi, ataupun usaha. Untuk menulis proposal tersebut, Anda harus menyusun bagian kata pengantar proposal dengan baik supaya pembaca semakin penasaran untuk membaca keseluruhan isi proposal. 

Bagaimana cara membuat kata pengantar proposal yang baik? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini. 

Struktur Kata Pengantar Proposal

Sebenarnya, tidak ada struktur khusus dalam pembuatan kata pengantar. Akan tetapi, untuk mempermudah penyusunan, berikut ini hal-hal yang sebaiknya ada di dalam kata pengantar untuk proposal: 

  1. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Latar belakang penulisan
  3. Menjelaskan tentang proses penulisan proposal
  4. Menyebutkan pihak yang berkontribusi
  5. Ucapan terima kasih
  6. Harapan penulis
  7. Manfaat karya tulis
  8. Pernyataan menerima kritik dan saran
  9. Mencantumkan kota, tanggal, bulan, dan tahun penulisan
  10. Menuliskan nama penulis 

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Untuk lebih memudahkan proses pembuatan kata pengantar untuk proposal, berikut ini beberapa contoh kata pengantar proposal yang baik untuk penelitian, skripsi, dan usaha. 

       Usulan penelitian ini ditulis sebagai pedoman pelaksanaan penelitian untuk memenuhi persyaratan tugas akhir di Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman dengan judul “Studi Populasi Ikan Brek (Barbonymus balleroides) di Waduk PB. Soedirman”. Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga usulan penelitian ini dapat diselesaikan. Terima kasih kepada Bapak Dr. Hendri Setiawan M.S. atas ijin penelitian yang telah diberikan. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ibu Dra. Siti Betari, M.Si. dan Dra. Suci Lestari, M.Si. atas bimbingan dan arahan dalam bidang Ekologi Ikan, serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan usulan penelitian. Usulan penelitian ini akan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan penelitian.

Purwokerto, 25 Mei 2023

Dara Ananta

Contoh Kata Pengantar Skripsi

        Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan. Skripsi ini ditulis guna memenuhi persyaratan memperoleh gelar sarjana sains pada Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman dengan judul penelitian “Studi Populasi Ikan Brek (Barbonymus balleroides Val. 1842) di Waduk PB. Soedirman”. 

         Terima kasih kepada bapak Prof. Dr. Dini Ariyani, M.S., selaku Dekan Fakultas Biologi Unsoed yang telah memberi izin untuk melakukan penelitian ini. Terima kasih kepada ibu Dra. Siti Betari, M.Si. selaku Ketua Proyek dan Dosen Pembimbing 1 yang telah mengizinkan, memberi arahan dan masukan selama penyusunan skripsi ini. Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada ibu Dra. Suci Lestari, M.Si. selaku Dosen Pembimbing 2 yang telah memberi arahan dan masukan selama penyusunan skripsi. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi baik dalam penelitian dan penyusunan skripsi. Semoga skripsi ini dapat memberikan sumbangsih pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang Ekologi Hewan. 

Purwokerto, 12 Febuari 2023 

Dara Ananta

Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

        Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga proposal ini dapat diselesaikan. Proposal usaha “Taplak Meja Aromaterapi” ini dibuat berdasarkan peluang usaha yang amat besar di wilayah Tangerang. Berbagai macam aspek dapat menguntungkan wirausahawan karena usaha ini akan menjadi pencetus taplak meja dengan aromaterapi di Indonesia.

        Kami sebagai pendiri dari usaha “Taplak Meja Aromaterapi” akan merasa bangga apabila dapat mengurangi tingkat pengangguran di wilayah Tangerang sekaligus memenuhi kebutuhan pelengkap ruangan di setiap rumah penduduk di Kabupaten Tangerang. 

        Demikian proposal usaha “Taplak Meja Aromaterapi” yang dengan ridho Allah SWT dapat terselesaikan dengan baik. Terima kasih atas dukungan dari rekan-rekan dan keluarga besar. Sekian, terima kasih. 

Tangerang, 11 Februari 2023

Penulis

Demikian beberapa contoh kata pengantar proposal yang baik yang dapat Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper