Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Contoh Proposal Penelitian yang Baik dan Efektif

Contoh proposal yang baik harus mencakup beberapa bagian penting seperti judul, latar belakang, rumusan masalah hingga tujuan penelitian.
Contoh proposal penelitian/kudupinter
Contoh proposal penelitian/kudupinter

Bisnis.com, JAKARTA - Proposal penelitian merupakan proposal yang berisikan masalah utama mengenai suatu penelitian dan Langkah-langkah untuk memecahkan masalah dalam suatu penelitian. Isi dari proposal penelitian umumnya sebuah ringkasan dan rancangan dari sebuah penelitian yang akan diteliti. Untuk itu, kamu harus mengetahui contoh proposal penelitian. 

Proposal penelitian adalah sebuah pedoman yang memiliki macam-macam informasi suatu kegiatan yang disusun secara sistematis. Bentuk dari sebuah proposal penelitian umumnya berupa dokumen singkat yang isinya meliputi informasi rencana peneliti Ketika akan melakukan penelitian sebuah tesis, skripsi, disertasi dan lain-lain. 

Contoh Proposal Penelitian

1. Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Judul proposal penelitian kualitatif 

Keragaman Budaya Adat dalam Pernikahan Jawa

Latar belakang penelitian 

Salah satu kekayaan kebudayaan orang-orang Jawa adalah upacara pernikahan adat Jawa. Adat istiadat pernikahan Jawa ini merupakan salah satu tradisi yang bersumber dari Keraton. Adat istiadat ini mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan luhurnya budaya orang Jawa. Luhurnya budaya tersebut tercermin dari busana pengantin yang dikenakan Ketika upacara pernikahan serta tata riasnya yang mengandung makna simbolik. 

Pernikahan merupakan salah satu peristiwa besar yang sangat penting dan sakral di dalam sejarah kehidupan manusia. Oleh karena itu, peristiwa sakral tersebut tidak akan dilewatkan begitu saja seperti mereka melewati kehidupan sehari-hari. 

Peristiwa pernikahan dilaksanakan dengan berbagai serangkaian upacara yang di dalamnya mengandung nilai budaya luhur dan suci. Setiap orang yang menyelenggarakan upacara pernikahan tidak akan merasa ragu untuk mengorbankan tenaga, pikiran, waktu dan biaya yang besar untuk kelancaran terselenggaranya upacara pernikahan tersebut. 

Hal yang cukup penting hubungannya dengan upacara pernikahan adalah busana pengantin. Busana pengantin merupakan bagian dari aspek kebudayaan manusia yang disebut dengan kesenian, dimana pada busana pengantin tersebut memiliki arti simbolis yang bermakna. 

Perwujudan busana pengantin tidak lepas dari serangkaian pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat umum melalui simbol-simbol yang dikenal dan tradisi budaya masyarakat tersebut. Simbol-simbol yang diungkapkan dalam busana pengantin bisa dilihat sebagai pencerminan dari corak kebudayaan masyarakat Yogyakarta yang mengandung nilai-nilai dan ajaran sebagaimana seharusnya masyarakat Yogyakarta bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. 

Fokus permasalahan 

Fokus permasalahan dalam penelitian ini yang pertama merupakan makna simbolik yang terkandung dalam peralatan upacara pengantin adat Yogyakarta yang mengandung nilai-nilai dan ajaran bagaimana seharusnya masyarakat Yogyakarta bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. 

Rumusan masalah 

Bagaimana makna simbolik busana pengantin adat Yogyakarta?
Bagaimana fungsi busana pengantin adat Yogyakarta? 

Tujuan penelitian

Untuk memahami dan mendeskripsikan makna simbolik peralatan upacara pengantin adat Yogyakarta. 
Untuk mengetahui dan mendeskripsikan fungsi busana pengantin adat Yogyakarta. 

Manfaat penelitian 

Peneliti, sebagai sarana untuk meningkatkan apresiasi terhadap peralatan upacara pengantin adat Yogyakarta mengenai makna simbolik yang terkandung di dalamnya dan meningkatkan pengetahuan tentang fungsi busana pengantin adat Yogyakarta tersebut. 
Mahasiswa program Studi Bahasa Jawa sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang busana pengantin adat Yogyakarta. 

Teknik analisis data 

Penelitian ini menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif. Analisis ini mendeskripsikan mengenai makna simbolik dalam busana pengantin adat Yogyakarta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis induktif. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah inventarisasi atau pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi berpartisipasi dan wawancara secara mendalam. Langkah yang kedua adalah identifikasi dari sejumlah data yang diambil sesuai dengan topik penelitian. Proses berikutnya adalah klarifikasi, yaitu pengelompokkan data dari hasil wawancara yang sudah dilakukan.

2. Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Judul penelitian kuantitatif

Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di Perusahaan ABC

Latar belakang 

Perkembangan teknologi informasi dalam beberapa tahun terakhir sudah membawa perubahan dalam hampir semua aspek kehidupan, termasuk di lingkungan kerja. Saat ini, hampir semua perusahaan sudah menggunakan teknologi informasi untuk mempercepat proses kerja dan meningkatkan produktivitas. Tetapi, masih belum jelas seberapa besar pengaruh teknologi informasi terhadap produktivitas kerja karyawan di perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh teknologi informasi terhadap produktivitas kerja karyawan di perusahaan ABC.

Rumusan masalah 

  • Bagaimana pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap produktivitas kerja karyawan di perusahaan ABC?
  • Faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dan karyawan di perusahaan ABC?
  • Bagaimana dampak penggunaan teknologi informasi terhadap efisiensi dan efektivitas kerja karyawan di perusahaan ABC?

Tujuan penelitian 

  • Untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap produktivitas kerja karyawan di perusahaan ABC.
  • Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan teknologi informasi oleh karyawan di perusahaan ABC.
  • Untuk mengevaluasi dampak penggunaan teknologi informasi terhadap efisiensi dan efektivitas kerja karyawan di perusahaan ABC. 

Kerangka teori 

  • Konsep teknologi informasi dan penggunaannya di perusahaan.
  • Produktivitas kerja karyawan.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan teknologi informasi oleh karyawan.
  • Dampak penggunaan teknologi informasi terhadap efisiensi dan efektivitas kerja karyawan. 

Hipotesis 

  • Terhadap pengaruh yang signifikan antara penggunaan teknologi informasi dan produktivitas kerja karyawan di perusahaan ABC.
  • Faktor-faktor seperti usia, Pendidikan dan pengalaman kerja mempengaruhi penggunaan teknologi informasi oleh karyawan di perusahaan ABC.
  • Penggunaan teknologi informasi berdampak positif terhadap efisiensi dan efektivitas kerja karyawan di perusahaan ABC. 

Metode penelitian 

  • Desain penelitian: Survei.
  • Populasi: seluruh karyawan di perusahaan ABC.
  • Sempel: 100 karyawan yang dipilih secara acak dari semua karyawan perusahaan.
  • Instrumen penelitian: kuesioner.
  • Teknik pengumpulan data: kuesioner secara online atau wawancara tatap muka.
  • Teknik analisis data: regresi linier berganda. 

Jadwal kegiatan

  • Penyusunan proposal penelitian: 2 minggu.
  • Persiapan instrumental penelitian: 1 minggu.
  • Pengumpulan data: 2 minggu.
  • Analisis

Itulah contoh proposal penelitian yang mungkin belum kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper