Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maruf Amin Bangga Indonesia Berhasil Lampaui Target Medali Emas di Sea Games 2023

Wapres RI Ma’ruf Amin mengaku bangga atas torehan positif yang diraih oleh kontingen Indonesia di ajang Sea Games 2023 lantaran berhasil merebut 70 medali emas.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengaku bangga atas torehan positif yang telah diraih oleh kontingen Indonesia di ajang Sea Games 2023 Kamboja lantaran berhasil merebut 70 medali emas.

Wapres Ma'ruf Amin menyebut bahwa target dari pemerintah adalah kontingen Indonesia dapat meraih lebih dari 69 medali emas, atau melewati pencapaian dari Sea Games 2021 Vietnam, di mana saat itu Indonesia memperoleh 69 medali emas, 91 medali perak, dan 81 medali perunggu untuk bercokol di posisi ketiga klasemen akhir Sea Games 2021.

"Mengenai medali sudah bagus karena sudah melebihi target," ujar Wapres Ma'ruf Amin usai meresmikan KBN TNI AL Serentak di 68 Satuan Komando Kewilayahan, di Kepulauan Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Senin (15/5/2023).

Meski begitu, dia menyebut agar setiap kontingen Indonesia tetap meningkatkan raihan medali, mengingat masih ada waktu sebelum Sea Games 2023 di Kamboja berakhir pada 17 Mei mendatang.

Ma'ruf berharap agar Indonesia bisa bertengger di posisi kedua klasemen peringkat Sea Games 2023.

"Namun, saat ini peringkat [Indonesia] masih ketiga, dulu kita pernah di dua. Jadi, kami harapkan masih bisa meningkat bila masih ada waktu untuk [merebut] medali emas dan kita bisa mempertahankan atau naik lagi ke peringkat dua dan itu butuh upaya yang serius. Itu bisa dan mungkin sangat bisa," pungkas Ma’ruf.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengaku bersyukur dengan capaian kontingen atlet Indonesia di ajang Sea Games 2023.

Penyebabnya, dia mengamini bahwa Indonesia telah berhasil meraih torehan emas Ke-69 yang diberikan Janis Rosalita Suprianto dari cabang olahraga Fin Swimming di nomor Women’s 200 meter surface.

"Kami bersyukur kepada Sang Pencipta diberikan keberkahan dan saya bersyukur atas kinerja kontingen Indonesia, atlet, pelatih, ofisial dengan sudah memperoleh 69 medali emas [di ajang Sea Games 2023]," tutur Menpora Dito Ariotedjo saat dihubungi Bisnis, Minggu (14/5/2023).

Kendati demikian, Dito mengaku optimistis melalui pencapaian tersebut target yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat terealisasi dalam waktu dekat.

"Sudah 69 [medali emas] artinya 1 medali lagi, kami sudah menjalankan amanat bapak Presiden yang harus melebihi 69 medali emas dibanding perolehan Sea Games Hanoi 2021. Jadi, yuk doakan dan semangati kontingen Indonesia," pintanya.

Tak hanya itu, dia menegaskan terus mengapresiasi torehan dari prestasi atlet-atlet Tanah Air, sebab dia menilai bahwa ukiran prestasi yang ada dihasilkan melalui cucuran darah dan keringan serta proses yang tak terhitung.

Dito pun menilai bahwa setiap usaha tersebut memang menjadi upaya kontingen Indonesia tak hanya untuk mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia, tetapi juga untuk menuntaskan target yang diberikan orang nomor satu di Tanah Air itu.

"[Karena] sebagai anak muda harus fokus menuntaskan tugas negara," pungkas Dito.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengapresiasi torehan positif yang telah diraih oleh kontingen Indonesia di ajang Sea Games 2023 Kamboja lantaran berhasil merebut 60 medali emas.

"Saya sangat apresiasi perolehan mendali emas sudah mencapai 60, targetnya [Menpora] memang 60," ujarnya usai menghadiri agenda Musyawarah Rakyat (Musra) di Istora Senayan, Minggu (14/5/2023) sore.

Meski begitu, Kepala Negara ini melanjutkan bahwa harapannya masih sama agar Indonesia dapat meningkatkan prestasinya dengan merebut lebih banyak medali emas.

"Namun, tetap saya minta di atas 69 semoga-moga terlampaui ya," tandas Jokowi.

Menurut catatan Bisnis, per Senin (15/5/2023) saat ini Indonesia berada di posisi ketiga klasemen Sea Games 2023 dengan berhasil mengumpulkan secara total sebanyak 212 medali yang terdiri dari 72 medali emas, 60 medali perak serta 80 medali perunggu.

Kendati demikian, Indonesia masih berpeluang untuk menambah pembendaharaan medali emas di Sea Games 2023 dari beberapa cabor seperti sepak bola, bulu tangkis, hingga bola basket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper