Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Koalisi Besar, PAN Bakal Ajak PDIP

Koalisi besar akan melebur Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (Gerindra dan PKB) dengan Koalisi Indonesia Bersatu (PAN, Golkar, dan PPP).
Saleh Partaonan Daulay dalam RDPU dengan PB IDI, Senin (4/4/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Saleh Partaonan Daulay dalam RDPU dengan PB IDI, Senin (4/4/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA — Partai Amanat Nasional (PAN) membuka peluang bagi PDI Perjuangan untuk masuk dalam wacana koalisi besar.

Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan PDI Perjuangan membutuhkan teman dalam ajang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sejauh ini wacana koalisi besar mencakup PAN, Golkar, PPP, Gerindra, dan juga PKB.

Koalisi besar diwacanakan akan menggabungkan antara Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang terdiri dari Gerindra dan PKB dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, Golkar, dan PPP.

“Mungkin juga PDIP misalnya gabung juga (koalisi besar) toh bisa jadi. Saya kira PDIP butuh teman,” ujar Saleh di kediaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Cipinang, Jakarta pada Sabtu (22/4/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan sejauh ini sudah ada komunikasi antara PAN dengan PDI Perjuangan. Namun, dia menyebut komunikasi yang sudah berjalan masih bersifat informal.

“Setelah pengumuman ini pun (Ganjar capres) katanya sudah ada komunikasi informal ya,” tuturnya. 

Selanjutnya, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, PPP, dan Golkar akan mengadakan pertemuan dalam beberapa hari ke depan. Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk membangun koalisi besar yang nantinya akan mengerucut pada suatu pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Dia pun mengatakan KIB akan tetap solid meski adanya isu-isu mengenai terpecah belahnya koalisi tersebut. Adanya pembicaraan mengenai lintas koalisi tersebut dinilai justru akan membuat KIB semakin solid.

“Sesungguhnya kalau semakin besar koalisinya tuh semakin solid dan semakin kuat mestinya,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Zulhas mengatakan PAN siap bekerja sama dengan seluruh kekuatan politik yang ada. Pihak PAN bersama KIB juga berencana untuk mengadakan pertemuan dengan pihak Gerindra dan PKB dalam waktu dekat.

Dia mengatakan pihaknya akan lebih intens untuk melakukan lebih banyak diskusi lebih lanjut mengenai persiapan untuk Pemilu 2024. PAN juga disebut sudah mengantongi nama yang akan maju Pilpres 2024 dan hanya menunggu keputusan.

“Kita akan ada pertemuan lanjutan, KIB dan juga koalisi dari pak Prabowo dan kawan-kawan ya,” ujar Zulhas di kediamannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper