Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Hal yang Membatalkan Puasa, Umat Muslim Harus Paham!

Terdapat beberapa hal yang membatalkan puasa. Latas, apa saja hal yang membatalkan puasa tersebut? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini
8 Hal yang Membatalkan Puasa Penting untuk Diperhatikan (freepik)
8 Hal yang Membatalkan Puasa Penting untuk Diperhatikan (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Memahami hal yang membatalkan puasa menjadi salah satu yang penting untuk bisa diketahui.

Dengan demikian, selama menjalankan ibadah puasa Anda dapat menjalankannya sesuai dengan yang ketentuan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Saja Hal yang Membatalkan Puasa

Menjauhi hal hal yang membatalkan puasa merupakan sebuah keharusan. Dikutip dari nu.or.id, berikut ini beberapa hal yang dapat membatalkan ibadah puasa.

1. Makan dan Minum Secara Sengaja

Hal yang membatalkan puasa pertama yaitu makan dan minum secara sengaja. Jika Anda makan dan minum secara sengaja sebelum waktu buka maka bisa membuat puasa batal. Tetapi, jika melakukannya secara tidak sengaja atau lupa, maka tidak membatalkan puasa dan bisa melanjutkan puasanya. Sebagaimana dijelaskan pada hadist berikut, yang artinya :

“Barang siapa yang iftar pada bulan Ramadan karena lupa maka tidak ada (kewajiban) qadha baginya, tidak juga kafarat” (H.R. Hakim).

2. Muntah dengan Sengaja

Muntah dengan sengaja juga bisa membuat puasa batal. Akan tetapi, jika kondisi tersebut tidak sengaja dan tidak tertelan, maka tidak membatalkan ibadah puasa.

3. Berobat dengan Memasukkan Obat atau Benda Lewat Dubur

Pengobatan yang mengharuskan pemberian obat lewat kubul atau dubur juga bisa membatalkan puasa. Contohnya pengobatan untuk orang dengan mengidap penyakit ambeien ataupun pengobatan dengan cara memasang kateter urin.

4. Keluar Air Mani karena Bersentuhan Kulit

Hal yang membatalkan puasa selanjutnya yaitu keluar air mani atau sperma karena bersentuhan kulit. Air mani yang keluar karena persentuhan kulit atau onani menjadi salah satu hal yang dapat membatalkan puasa. Tetapi, apabila air mani keluar karena mimpi basah, maka puasa yang dijalankan tetap sah.

5. Melakukan Hubungan Suami Istri Sengaja di Siang Hari

Tak hanya dapat membatalkan puasa, melakukan hubungan suami istri di siang hari saat bulan puasa juga dikenai denda atau kafarat. Dendanya berupa puasa di luar bulan Ramadan selama 2 bulan berturut-turut. Jika tidak mampu, maka kafarat diganti dengan memberi makan satu mud atau setara dengan 0,6 kg beras pada 60 fakir miskin.

6. Haid atau Nifas

Hal lain yang dapat membatalkan puasa yaitu haid dan nifas. Penjelasan ini tertuang dalam sebuah hadist yang artinya:

“Bukankah wanita jika haid tidak shalat dan tidak puasa?”. (H.R. Bukhari no 304 dan Muslim no. 79).

Perempuan yang meninggalkan puasa karena faktor ini, wajib berpuasa d bulan lain sebanyak hari yang ia tinggalkan.

7. Mengalami Gangguan Jiwa atau Gila

Hal yang membatalkan puasa lainnya yaitu mengalami gangguan jiwa. Orang yang tengah menjalankan ibadah puasa di siang hari, lalu orang tersebut gila maka puasanya batal. Tetapi orang tersebut wajib untuk mengqadhanya apabila sudah sembuh dari gangguan tersebut.

8. Murtad atau Keluar dari Agama Islam

Apabila seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa dan melakukan hal-hal yang dapat membuatnya murtad seperti menyekutukan Allah SWT ataupun mengingkari hukum syariat yang sudah disepakati oleh ulama, maka dapat membatalkan puasa.

Setelah mengetahui hal-hal yang dapat membatalkan puasa tersebut, sebaiknya kita menghindari hal-hal tersebut agar puasa kita bisa diterima Allah SWT. 

Selain itu, kita juga perlu menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa, seperti marah, berbohong, berghibah, dan lain sebagainya. Lebih baik isi bulan Ramadan ini dengan ibadah dan beramal shaleh agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Itulah 8 hal yang membatalkan puasa yang harus kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper