Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elektabilitas Prabowo Tertinggi versi LSI, Gerindra: Efek Endorsemen Jokowi

Gerindra menyebut elektabilitas Prabowo naik karena belakangan kerap mendampingi Jokowi di sejumlah kesempatan di ruang publik
Elektabilitas Prabowo Tertinggi versi LSI, Gerindra: Efek Endorsemen Jokowi. Momen kunjungan Presiden Jokowi didampingi Prabowo Subianto /
Elektabilitas Prabowo Tertinggi versi LSI, Gerindra: Efek Endorsemen Jokowi. Momen kunjungan Presiden Jokowi didampingi Prabowo Subianto /

Bisnis.com, JAKARTA - Endorsemen dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut berdampak peningkatan pada elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres). Berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Ketum Gerindra ini menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan para pesaingnya saat ini.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan, belakangan Jokowi dengan Prabowo tampak selalu mesra di depan publik. Oleh sebab itu, menurutnya, banyak pendukung presiden yang menangkap sinyal dukungan Jokowi ke Prabowo.

"Jadi Pak Prabowo itu kan dinilai aspek loyalitasnya aspek komitmennya kepada Jokowi, beliau orang yang berpegang teguh pada komitmen. Nah itu menjadi positif di mata publik. Apalagi kan Pak Jokowi itu kan tokoh bangsa yang pengikutnya sangat banyak, pengagumnya sangat banyak. Jadi tentu gestur politik beliau juga diamati oleh pengikutnya," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/4/2023).

Dia mengatakan faktor kinerja Prabowo sebagai menteri pertahanan dan kepimpinannya di Partai Gerindra juga jadi faktor. Meski begitu, kedekatan dengan Jokowi dinilai memberikan pengaruh besar atas kenaikan elektabilitas Prabowo.

"Jadi selain kerja Pak Prabowo sendiri ya kan kinerja beliau di Kemenhan, kinerja beliau di Partai Gerindra dan sebagainya, di dapil, tentu juga pengaruh yang sangat besar dari baiknya hubungan Pak Prabowo dan Pak Jokowi," ungkap Habiburokhman.

Memang, pada bulan lalu Prabowo dan Jokowi terlihat kerap bersama. Pada Kamis (9/3/2023), Prabowo mendampingi Jokowi saat kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Saat itu, mereka meninjau panen raya di Desa Lajer.

Pada Jumat (17/3/2023), Jokowi dan Prabowo juga terlihat bersama ketika presiden melakukan kunker ke Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Kunker itu dalam rangka menghadiri Muktamar Rabithah Melayu Banjar.

Lalu pada Selasa (21/3/2023), Jokowi dan Prabowo meninjau food estate atau lumbung pangan di Kabupaten Keerom, Papua.

Survei terbaru LSI menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto (30,3 persen) mengungguli Ganjar Pranowo (26,9 persen) dan Anies Baswedan (25,3 persen) dalam simulasi tiga nama pemilihan presiden (pilpres).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan, untuk pertama kali dalam setahun terakhir, Prabowo kembali memperoleh urutan pertama dan menggeser Ganjar.

Survei LSI ini diselenggarakan pada 31 Maret hingga 4 April 2023 dengan jumlah sampel 1229 yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampel dipilih menggunakan teknik proses pembangkitab nomor telepon secara acak, validasi, dan screening, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper