Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zelensky Terima Anugerah Ordo Elang Putih dari Polandia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menerima anugerah Ordo Elang Putih dari Polandia.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Reuters
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Polandia Andrzej Duda menganugerahi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan Ordo Elang Putih selama kunjungannya ke Warsawa, Selasa (5/4/2023).

Menurut kantor berita lokal, Zelensky menerima penghargaan tersebut sebagai pengakuan atas kontribusinya untuk memperdalam hubungan antara Polandia dan Ukraina, upayanya untuk meningkatkan keamanan, dan komitmennya yang tak tergoyahkan terhadap hak asasi manusia.

"Sulit untuk menyembunyikan air mata emosi menyaksikan pengabdian Anda ke tanah air Anda," kata Duda Zelensky, seperti dikutip Badan Pers Polandia dikutip Rabu (6/7/2023).

Kepala Kantor Kebijakan Internasional Presiden Polandia Marcin Przydacz, mengatakan bahwa Zelensky dan Duda akan membahas seluruh spektrum hubungan Polandia-Ukraina.

“Saat ini ada kebutuhan untuk memperkuat persatuan ini karena propaganda Rusia secara alami mencoba merusak kerja sama kami,” kata Przydacz, seperti dikutip kantor berita Polandia.

Polandia telah menjadi pusat transit senjata yang dipasok oleh sekutu ke Ukraina. Pada 27 Maret 2023, Badan Kontra Intelijen Militer Polandia mengumumkan bahwa mereka telah menahan seorang asing yang diduga menjadi mata-mata Rusia.

Pada 16 Maret 2023, Menteri Dalam Negeri Polandia Mariusz Kaminski membenarkan bahwa Warsawa telah memutuskan jaringan spionase Rusia, menahan sembilan orang yang diduga mempersiapkan tindakan sabotase dan memantau rute kereta api ke Ukraina.

Polandia juga telah memasok Ukraina dengan bantuan besar sejak dimulainya invasi skala penuh. Pada 3 April, Polandia mengirimkan gelombang pertama jet tempur MiG-29 yang telah dijanjikannya ke Ukraina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper