Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Pranowo Berharap Menpora Baru Dorong Prestasi Atlet Difabel

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan harapannya kepada Dito Ariotedjo Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) baru agar turut memperhatikan atlet difabel.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan harapan untuk Menpora baru, Dito Ariotedjo/Bisnis-Akbar.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan harapan untuk Menpora baru, Dito Ariotedjo/Bisnis-Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyampaikan harapannya kepada Ario Bimo Nandito Ariotedjo selaku Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) baru agar turut memperhatikan atlet difabel.

Menurut Ganjar Pranowo, atlet Olimpiade Khusus penyandang disabilitas intelektual pun turut mengukir prestasi.

Salah satunya dalam agenda Special Olympics World Summer Games (SOWSG) di Los Angeles, Amerika Serikat pada 2015 kala mereka meraih 19 emas, 12 perak, dan sembilan perunggu.

"Kemudian, karena atlet difabel itu pusatnya ada di Jawa Tengah, yaitu di Solo, sehingga kami dari pemerintah daerah dan pemerintah kota mendukung agar menteri pemuda dan olahraga yang baru juga dapat memberikan perhatian khusus kepada atlet-atlet difabel kita karena paralimpik ini adalah jagoan," ujar Ganjar Pranowo kepada Bisnis saat ditemui di Masjid Raya Baiturrahman, Semarang, Senin (3/4/2023).

Apalagi, Ganjar mengatakan dalam waktu dekat atlet-atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) sedang menyiapkan delegasi berkekuatan 25 orang untuk mengikuti Special Olympics World Games di Berlin, 12-25 Juni 2023. Para atlet akan bertanding tujuh cabang olahraga sesuai dengan jatah yang ditetapkan International Olympics.

Selain mematok target sembilan emas, delegasi Indonesia juga berniat membidik kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Special Olympics World Games 2031.

"Tentunya dalam waktu dekat, kami akan memberangkatkan mereka atlet SOIna untuk berlaga di Berlin. Sebelumnya, kami sudah bertemu Menpora lama untuk menggalang dana dan saat ini semoga perhatian kepada mereka sama," tuturnya.

Ganjar yang juga Ketua Dewan Pembina Special Olympics Indonesia (SOIna) melakukan penggalangan dukungan bersama dengan para tokoh masyarakat untuk kesuksesan kontingan Indonesia di SOWSG 2023 dalam sebuah acara Gala Dinner yang berlangsung pada 25 Januari 2023 di Museum Nasional, Jakarta.

Oleh sebab itu, Ganjar pun berharap agar Dito dapat memberikan penyetaraan kesempatan bagi atlet-atlet difabel ke depannya agar makin deras dalam memberikan prestasi bagi Tanah Air.

"Saya harap selalu ada penyetaraan, semoga ini [dukungan ke atlet difabel] terus dilanjutkan dan digenjot karena mereka atlet yang membanggakan," pungkas Ganjar.

Dalam catatan Special Olympics Indonesia (SOIna), kontingen Indonesia meraih sembilan emas, sembilan perak dan empat perunggu pada SOWSG 2007 di Shanghai, China.

Prestasi di ajang yang sama meningkat dalam turnamen berikutnya di SOWSG 2011 di Athena, Yunani. Indonesia menyabet 15 emas, 13 perak dan 11 perunggu.

Kemudian, peningkatan prestasi kembali terjadi pada gelaran serupa di Los Angeles, USA, 2015 sebanyak 19 emas, 12 perak dan 9 perunggu diraih para atlit Indonesia.

Namun, pada SOWSG XV 2019 di Abu Dhabi, UEA, terjadi penurunan. Indonesia hanya meraih 11 emas, 6 perak dan 4 perunggu untuk dibawa pulang.

Special Olympics Indonesia berafiliasi dengan International Special Olympics yang mendapat pengakuan sebagai anggota dari International Olympics Committee.

Indonesia bergabung sebagai anggota ke-79 pada 9 Agustus 1989. Kini kepengurusan sudah ada di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Special Olympics merupakan gerakan yang berusaha memberikan kepada anak-anak bertalenta khusus atau disabilitas intelektual yang menjadi warganegara ingin mencapai mimpinya.

Sehingga dengan kesempatan yang terbuka untuk mengekreasikan diri mereka bakal menjadi warga negara yang produktif, diterima, dan diakui kesetaraannya di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper