Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perintah Berpuasa di Al Quran dalam Surah Al-Baqarah Ayat 183

Surah Al-Baqarah yang merupakan surah kedua dalam Al-Quran menjelaskan secara rinci mengenai kewajiban, ketentuan, dan keringanan dalam berpuasa.
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi umat Islam. Kewajiban ini diperintahkan oleh Allah SWT di sejumlah ayat Al Quran, yakni ayat 183 sampai 187 surah Al-Baqarah. 

Surah Al-Baqarah yang merupakan surah kedua dalam Al-Quran menjelaskan secara rinci mengenai kewajiban, ketentuan, dan keringanan dalam berpuasa, serta turunnya Al-Quran pada Ramadan. Ayat dalam surah Al-Baqarah yang secara jelas memerintahkan umat Islam berpuasa adalah ayat 183.

Berikut bacaan Al Quran dan artinya dari surah Al-Baqarah:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ   

Yā ayyuhalladzīna āmanū kutiba ‘alaikumush-shiyāmu kamā kutiba ‘alalladzīna ming qablikum la‘allakum tattaqūn.   

Yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.”

Dilansir dari nu.or.id, ayat ini merupakan awal mula diwajibkannya berpuasa Ramadan oleh Allah SWT. Sebelum puasa Ramadan, umat Islam diwajibkan berpuasa selama tiga hari tiap bulannya. Sabab nuzul atau sesuatu yang menjadi sebab turunnya ayat Al-Quran ditafsirkan oleh Syekh Muhammad Ali As-Shabuni sebagai berikut.


روى ابن جرير عن معاذ بن جبل رضي الله عنه أنه قال: إن رسول الله (ص) قدم المدينة فصام يوم عاشوراء وثلاثة أيام من كل شهر. ثم إن الله عز وجل فرض شهر رمضان، فأنزل الله تعالى ذكره يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ، حتى بلغ: وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ. فكان من شاء صام ومن شاء أفطر وأطعم مسكينا. ثم إن الله عز وجل أوجب الصيام على الصحيح المقيم وثبت الإطعام للكبير الذي لا يستطيع الصوم. فأنزل الله عز وجل: فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُۗ


Yang artinya: “Ibnu Jarir meriwayatkan dari Muadz bin Jabal ra, ia berkata: “Ketika Rasulullah Saw tiba di kota Madinah, ia puasa pada hari Asyura dan tiga hari setiap bulannya. Kemudian Allah mewajibkan puasa bulan Ramadhan dan menurunkan ayat: Yā ayyuhalladzīna āmanū kutiba ‘alaikumush-shiyāmu, hingga wa ‘alalladzīna yuthīqūnahū fidyatun tha‘āmu miskīn. Pada saat itu  orang-orang (diperbolehkan untuk memilih) berpuasa atau berbuka dan memberi makan orang miskin. Setelahnya Allah mewajibkan puasa kepada tiap orang yang sehat dan mukim dan tetap (berkewajiban) memberi makan orang miskin bagi orang tua yang tidak mampu berpuasa dengan menurunkan ayat: fa man syahida mingkumusy-syahra falyashum-h. (Muhammad Ali As-Shabuni, Rawai’ul Bayan, [Beirut, Muassasah Manahilul Irfan: 1980 M/ 1400 H], juz I, halaman 193).

Tafsir dari Mahmud Al-Alusi yang dilansir dari nu.or id mengatakan bahwa, “Ayat di atas mengandung penguat hukum, motivasi, juga penyejuk bagi orang-orang yang diberi perintah sebab hal-hal yang payah jika bersifat menyeluruh maka akan baik (ringan).” Orang-orang yang diberi perintah oleh-Nya adalah orang-orang beriman, seperti kalimat awal pada ayat 183 tersebut. Oleh karena itu, hanya orang-orang beriman yang dapat melaksanakan ibadah puasa ini dengan ikhlas.

Ibadah puasa bertujuan untuk melatih dan menguji umat Islam dalam mengikuti perintah Allah. Puasa tidak hanya menahan diri dari makan dan makan, tetapi juga harus didasari dengan niat karena Allah SWT dan mendapatkan amal baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper