Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golkar Buka Peluang Jadikan Airlangga Cawapres Anies Baswedan

Partai Golkar membuka kemungkinan Airlangga Hartarto menjadi calon wakil presiden alias cawapres Anies Baswedan.
Momen Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bercengkerama dengan elite Koalisi Perubahan dan Anies Baswedan akhir pekan lalu./Sumber: Ig Airlangga Hartarto.
Momen Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bercengkerama dengan elite Koalisi Perubahan dan Anies Baswedan akhir pekan lalu./Sumber: Ig Airlangga Hartarto.

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Golkar membuka kemungkinan ketua umumnya, Airlangga Hartarto, menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan saat ini perpolitikan masih dinamis. Oleh sebab itu, semua kemungkinan yang bisa terjadi.

“Masih sangat dinamis karena masih ada 11 bulan lagi kan kita pilpres. Jadi kalau bicara tentang politik bicara kemungkinan, semua kemungkinan masih bisa terjadi,” ungkap Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2023).

Dia mengatakan, Golkar masih mencari formasi terbaik untuk menghadapi Pilpres 2024 termasuk soal koalisi dan pasangan calon presiden (capres) dan cawapres. Golkar, lanjutnya, masih sangat terbuka dengan semua kemungkinan.

“Jadi kita kan sekarang ini sedang menjajaki, mencari format yang terbaik buat kepentingan bangsa dan negara. Jadi semuanya masih kita runding-rundingkan dengan semua elite dan pimpinan partai politik,” ujar Ketua Komisi II DPR itu.

Selain itu, temuan survei terbaru Indikator Politik Indonesia juga menunjukkan pemilih Golkar yang mendukung Anies mencapai 38,1 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dukungan mereka kepada Ganjar (15,8 persen) dan Prabowo (18,3).

Terkait itu, Doli mengatakan hasil survei saat ini tak bisa dijadikan kesimpulan akhir pihaknya. Apalagi, lanjutnya, banyak hasil survei yang berbeda satu sama lain.

“Ini fenomena yang tidak bisa ditaruh sebagai kesimpulan akhir, karena survei setiap tiga bulan sekali, dilakukan oleh 100-an lembaga survei dan masing-masing lembaga survei itu bisa beda-beda,” jelasnya.

Sebagai informasi, wacana duet Anies-Airlangga menguat usai Airlangga tampak hadir dalam acara buka bersama di Kantor NasDem, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2023). Airlangga merupakan satu-satunya elite Koalisi Indonesia Bersatu alias KIB yang datang ke acara tersebut.

Gabung Koalisi Anies

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengungkapkan ada ketua umum (ketum) partai politik (parpol) di luar Koalisi Perubahan untuk Perbaikan (KPP) yang ingin jadi cawapres untuk Anies Baswedan.

Sebagai informasi, KPP terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS. Mereka sudah secara resmi mengumumkan usungan ke Anies sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Artinya, saat ini mereka bersama Anies sedang mencari cawapres yang akan diusung. Ternyata dalam pencarian itu, ada seorang ketum parpol parlemen di luar Koalisi yang menawarkan diri jadi cawapres Anies.

"Sekarang ada beberapa pimpinan partai yang ingin merapat yang mereka kemudian mensyaratkan ketua umumnya ingin menjadi cawapres," ungkap Iman di Sekretariat Perubahan, Jakarta Selatan pada Jumat (24/3/2023).

Dia tak mau menyebutkan nama siapa ketum parpol yang dimaksud. Meski begitu, dia memberi keterangan bahwa ketum parpol itu bukan dari NasDem, Demokrat, maupun PKS.

"Ketum parpol di luar kita. Jadi di luar tiga ini kan ada partai yang juga berkomunikasi. Mereka mengatakan siap bergabung tapi ingin jadi cawapres. Kan ada juga," jelas Iman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper