Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Sidang Isbat 1 Ramadan 2023 Hari Ini, Simak Putusan Selengkapnya

Sidang Isbat 1 Ramadan 2023 akan digelar pada hari ini. Simak hasil selengkapnya berikut ini.
Ilustrasi Suasana Sidang Isbat awal Ramadan yang digelar oleh Kementerian Agama./@Kemenag_RI
Ilustrasi Suasana Sidang Isbat awal Ramadan yang digelar oleh Kementerian Agama./@Kemenag_RI

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) hari ini, Rabu (22/3/2023) akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal 1 Ramadan 1444 H atau awal puasa Ramadhan 2023.

Menurut rencana Sidang Isbat digelar pukul 18.15 WIB di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat. Sidang Isbat akan diikuti oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), duta besar negara-negara luar negeri, hingga ormas Islam.

Sidang Isbat akan memutuskan awal Ramadan berdasarkan hasil perhitungan astronomis (hisab) dan hasil pemantauan lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Pada Sidang Isbat kali ini pemerintah menetapkan 124 titik lokasi rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin sebelumnya mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 124 lokasi titik pemantauan hilal yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Rukyatul hilal  akan dilakukan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten/kota yang bekerja sama dengan Peradilan Agama serta organisasi masyarakat Islam di daerah setempat. 

Hasil pemantauan itu, sambungnya, akan dibahas dalam Sidang Isbat dan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam menetapkan awal puasa 2023. 

"Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip, Rabu (22/3/2023). 

Adapun Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menyampaikan bahwa pelaksanaan Sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Tahapan ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tahap pertama, sidang akan diawali dengan seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi oleh tim hisab rukyat Kemenag. 

Selanjutnya, data yang dilaporkan oleh tim hisab rukyat akan dibahas dalam Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1444 H yang akan dimulai pada pukul 18.15 WIB. 

Penetapan awal puasa 2023 juga akan merujuk pada hasil rukyatul atau pemantauan hilal yang dilaksanakan di 124 lokasi di seluruh Indonesia. 

Adib mengatakan, hasil Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Kemenag dan beberapa media lain. 

UPDATE awal puasa 1 Ramadan 1444 jatuh pada Kamis, 23 Maret 2024, simak putusan lengkapnya di sini: Hasil Sidang Isbat 1 Ramadan 1444, Awal Puasa Jatuh Pada Kamis 23 Maret 2023

 

Berikut ini link siaran langsung Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H:

1. Kementerian Agama  

YouTube Kemenag: 

https://youtube.com/@KementerianAgamaPusat

Fanpage Kemenag: https://web.facebook.com/KementerianAgamaRI?_rdc=1&_rdr 

Instagram Kemenag: https://www.instagram.com/kemenag_ri/

2. TVRI 

https://youtube.com/@TVRINasional

3. Metro TV 

https://www.youtube.com/watch?v=gvHLfDSf7MA

4. iNews 

https://www.youtube.com/watch?v=dKsvI8OdiE8

5. Kompas TV 

https://www.youtube.com/@Kompascom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendri T. Asworo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper