Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Detik-detik Presiden Xi Jinping Tiba di Moscow, Disambut Bak Tamu Agung

Berikut ini adalah detik-detik Xi Jinping tiba di Moscow untuk memenuhi undangan Vladimir Putin.
Detik-detik Xi Jinping tiba di Rusia
Detik-detik Xi Jinping tiba di Rusia

Bisnis.com, SOLO - Presiden China, Xi Jinping, tiba di Moscow pada Senin, 20 Maret 2023 sore waktu setempat dan disambut dengan cukup meriah oleh Rusia.

Xi Jinping tiba di Moskow dengan pesawat khusus untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia atas undangan Presiden Vladimir Putin.

Saat melangkah keluar dari pesawat, Presiden Xi disambut dengan hangat oleh Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Chernyshenko dan pejabat senior Rusia lainnya.

Pihak Rusia juga mengadakan upacara penyambutan akbar di bandara. Band militer memainkan lagu kebangsaan China dan Rusia

Presiden Xi Jinping menginspeksi penjaga kehormatan dari tiga kebaktian dan menyaksikan pawai yang lewat. Presiden China itu disambut bak tamu agung di negeri pimpinan Vladimir Putin.

Setelah prosesi penyambutan, Xi Jinping menyampaikan pernyataan kedatangan dan mengucapkan salam hangat dan harapan terbaik kepada pemerintah dan rakyat Rusia atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok.

Dia menekankan bahwa China dan Rusia adalah tetangga bersahabat yang dihubungkan oleh gunung dan sungai yang sama.

Kedua negara ini telah mengkonsolidasikan dan menumbuhkan hubungan bilateral atas dasar tanpa aliansi, tanpa konfrontasi dan tidak menargetkan pihak ketiga mana pun.

Xi megatakan jika hubungan China-Rusia tidak hanya membawa manfaat nyata bagi masyarakat kedua negara kita, tetapi juga memberikan kontribusi penting bagi perkembangan dan kemajuan dunia.

Kunjungan Xi adalah yang pertama kali sejak dia ditasbihkan sebagai Presiden China tiga periode. Putin menyambut hangat Xi Jinping.

Dia mengungkapkan sejumlah pujian saat bertemu dengan orang nomor 1 di Partai Komunis China tersebut.

“Tuan Presiden, sahabat, selamat datang di Rusia, di Moskow,” ucap Putin dikutip dari situs resmi Presiden Rusia, Selasa (21/3/2023).

Putin mengaku sangat senang bisa memberi selamat secara langsung kepada Xi Jinping usai terpilih kembali sebagai Presiden China.

“Ini dimungkinkan karena bangsa China dan perwakilannya berhak menghargai pekerjaan anda selama beberapa dekade terakhir,” puji Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper