Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Minta Belanja Anggaran Pembangunan Papua Rp1.036 Triliun Terus Dikawal

Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah telah menggelontorkan anggaran hingga Rp1.036 triliun untuk membangun Papua sehingga penggunaannya harus diawasi
Jokowi Minta Belanja Anggaran Pembangunan Papua Rp1.036 Triliun Terus Dikawal. Trans Papua/Istimewa -  Kementerian PUPR
Jokowi Minta Belanja Anggaran Pembangunan Papua Rp1.036 Triliun Terus Dikawal. Trans Papua/Istimewa - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa pemerintah telah menggelontorkan anggaran hingga Rp1.036 triliun untuk membangun Papua.

Kepala Negara meminta agar penggunaan dana besar itu terus dikawal, khususnya dalam realiasasi berbagai program pembangunan yang dikerjakan pemerintah. Jokowi tidak ingin penggunaan dana tersebut tidak tepat sasaran, atau yang lebih buruk malah dikorupsi.

"Saya minta kepada masyarakat di tanah Papua tolong ini diawasi, dikawal, diamati terus, jangan sampai belok kemana-mana [disalahgunakan] nanti tidak akan jadi barang," kata Jokowi saat meresmikan Papua Youth Creative Hub dikutip dari YouTube Sekretariar Presiden, Selasa (21/3/2023).

Tak hanya itu, Jokowi juga menyampaikan sejumlah proyek infrastruktur telah pemerintah bangun di Papua. Salah satunya adalah 3.462 km Jalan Trans-Papua, 1.098 km jalan perbatasan, serta Jembatan Yotefa sepanjang 1,3 km di Jayapura. 

Bahkan, Jokowi menyebutkan bahwa Pemerintah juga memperbaiki terminal Bandara Domine Eduard Osok di Sorong dan membangun bandara di Wamena serta tiga pos lintas batas negara. 

"Jadi sekali lagi ingin saya sampaikan pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawasentris tapi Indonesiasentris, dan tanah Papua menjadi prioritas dari pembangunan yang kita lakukan," pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper