Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Menteri Jokowi dengan Harta Kekayaan Triliunan, Siapa yang Paling Tajir?

Berikut daftar menteri era pemerintahan Presiden Jokowi yang harta kekayaannya mencapai triliunan rupiah. Siapa menteri yang paling tajir?
Deretan menteri-menteri di Kabinet Indonesia Maju berpose di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Dok. Kemenkominfo.
Deretan menteri-menteri di Kabinet Indonesia Maju berpose di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Dok. Kemenkominfo.

Bisnis.com, JAKARTA – Harta kekayaan pejabat negara saat ini menjadi perhatian publik lantaran kasus harta jumbo milik sejumlah mantan pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan menjadi sorotan publik. Simak daftar 4 menteri di pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang punya harta kekayaan hingga triliunan rupiah. 

Sebut saja eks pejabat Direktur Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo hingga eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto yang memiliki harta miliaran rupiah dan disebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tak masuk akal. 

Di samping itu, Bisnis juga menghimpun data harta kekayaan sejumlah menteri dan terdapat lima menteri di era Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki harta kekayaan yang nilainya mencapai triliunan rupiah. 

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2021, Sandiaga Uno yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menduduki posisi pertama dengan kekayaan mencapai Rp10,6 triliun. 

Harta kekayaan Sandi yang kerap disapa Mas Menteri ini paling tinggi diantara jajaran menteri petahana di Kabinet Indonesia Maju, bahkan jauh lebih besar dibanding milik Jokowi yang berada di angka Rp71,4 miliar. 

Berikut 5 Menteri Jokowi yang Harta Kekayaannya Capai Triliunan Rupiah 

1. Sandiaga Uno – Rp10,6 triliun 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memang dikenal sebagai seorang pengusaha besar dengan berbagai pengalaman menjabat sebagai jajaran direksi sejumlah perusahaan di berbagai sektor. 

Pria kelahiran 28 Juni 1969 tersebut diketahui mendirikan perusahaan investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) hingga perusahaan teknologi yang bergerak di bidang jual beli properti, yaitu rumah123.com. 

Dalam LHKPN 2021, total kekayaan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut tercatat sebesar Rp10,6 triliun setelah dikurangi utang yang mencapai Rp289 miliar. 

Harta paling banyak tercatat dari surat berharga milik Sandi Uno yang mencapai Rp9,7 triliun. Sementara aset dalam kas dan setara kas sebesar Rp787 miliar, dan harta lainnya senilai Rp85 miliar. 

Untuk harta bergerak seperti alat transportasi dan mesin, Sandiaga memiliki tiga unit mobil seharga Rp775 juta, terdiri dari Nissan Grand Livina (2013), Nissan X-Trail Minibus (2015), dan Toyota Corolla Cross 18 Hybrid (2021). 

Sementara untuk aset tanah dan bangunan, Sandiaga memiliki 17 aset senilai Rp253 miliar. Sebanyak empat bangunan yang dirinya miliki, tiga terletak di Amerika dan satu di Singapura. 

5 Menteri Jokowi dengan Harta Kekayaan Triliunan, Siapa yang Paling Tajir?
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. JIBI/Bisnis

2. Sakti Wahyu Trenggono – Rp2,9 triliun 

Sakti Wahyu Trenggono, yang menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp2,9 triliun. Harta kekayaan Sakti tertinggi kedua setelah Sandiaga Uno. 

Sebelum menjabat sebagai MKP, dirinya menjadi Wakil Menteri Pertahanan (2019-2020) yang dipimpin Prabowo Subianto. Sakti memiliki 44 aset baik tanah maupun bangunan yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Jawa Tengah, hingga Bali, senilai Rp59,7 miliar. 

Berbeda dengan Sandiaga yang memiliki dua kendaraan merek Nissan, Sakti memiliki Land Rover RR Jeep (2013) seharga Rp1,1 miliar, Audi RS 5 (2015) dengan nilai Rp800 juta, dan Mercedes benz GLA 200 (2018) senilai Rp600 juta serta motor Honda Beat seharga Rp7 juta. 

Memiliki kesamaan dengan Sandiaga, Sakti juga meletakkan harta kekayaannya pada surat berhaga dengan nilai Rp2,6 triliun. Sementara harta bergerak lainnya sebesar Rp20 miliar, kas setara kas Rp152 miliar, dan harta lainnya mencapai Rp95 miliar. 

Bila membandingkan dengan lima menteri yang memiliki harta triliunan, hanya Sakti yang tercatat dalam LHKPN tidak memiliki utang. 

5 Menteri Jokowi dengan Harta Kekayaan Triliunan, Siapa yang Paling Tajir?
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono. JIBI/Bisnis

3. Erick Thohir – Rp2,3 triliun 

Menteri BUMN Erick Thohir, yang baru saja terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), memiliki total harta kekayaan mencapai Rp2,3 triliun. Pecinta sepak bola tersebut menaruh kekayaannya pada surat berharga senilai Rp1,7 triliun. 

Melihat aset tanah dan bangunan milik Erick yang mencapai Rp364 miliar, mayoritas berada di Jabodetabek, Depok terbanyak, dan merupakan hibah. Sementara aset yang merupakan hasil sendiri hanya sembilan dari 34 total aset tanah dan bangunan. 

Kendaraan milik Erick tercatat dalam LHKPN hanya terdapat tiga unit setara Rp1,8 miliar, yaitu Mercedez Bens W108 280S (1969), Mercedez Bens S400L (2016), dan motor Honda (2011). 

Sementara sisanya, Erick memiliki harta kekayaan di harta bergerak lainnya Rp27,9 miliar, kas setara kas Rp209 miliar, harta lainnya Rp159 miliar. Erick juga tercatat memiliki utang sebesar Rp165 miliar. 

5 Menteri Jokowi dengan Harta Kekayaan Triliunan, Siapa yang Paling Tajir?
Menteri BUMN Erick Thohir. JIBI/Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper