Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Venue Kejuaraan Dunia F1 Boat di Danau Toba Habiskan Rp35,9 Miliar

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat secara resmi diselenggarakan di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023.
Danau Toba menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Medan/ Kemenparekraf
Danau Toba menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Medan/ Kemenparekraf

Bisnis.com, SOLO - Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1 PowerBoat) atau dikenal dengan F1H2O resmi digelar di Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara, pada 24-26 Februari 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan pihaknya secara terpadu telah mendukung pembangunan infrastruktur pada Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Itu yang harus kita jaga betul. Prinsip penataan kawasan wisata itu adalah merubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional," kata Menteri PUPR Basuki pada Senin (20/2/2023) dalam rilis yang dikeluarkan oleh Kementerian PUPR.

Pembangunan venue F1H2O mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara, Ditjen Cipta Karya sejak 30 November 2022 dan selesai 21 Februari 2023 (sesuai kontrak).

Hingga 18 Februari 2023, progres pekerjaan finishing menyisakan pembersihan area, perapian finishing atap Sopo Batak, dan pembersihan fasilitas toilet.

Pembangunan venue F1H2O berada di Kecamatan Balige dengan anggaran APBN 2022-2023 senilai Rp35,9 miliar.

Pelaksana pekerjaan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk meliputi pekerjaan dermaga dan dry paddock yang didukung dengan pondasi pancang. Selanjutnya pembangunan 2 unit toilet umum, pekerjaan artwork dan storytelling, pembangunan Sopo Batak, pagar keliling, saluran air, dan lansekap.

Adapun event balapan boat ini dapat dinikmati di tiga lokasi viewing point yakni yang pertama di Lapangan Sisingamangaraja di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu. Di lokasi ini disediakan 2.000 tempat duduk yang dibagi menjadi tiga tribun, yakni grand stand A, grand stand B, dan grand stand C. Harga tiket di lokasi ini dijual Rp 500 ribu untuk dua hari (qualification day dan race day).

Viewing points kedua terletak di Bukit Pahoda yang ditargetkan bisa menampung 1.500 penonton. Tiket yang dijual untuk lokasi ini sebesar Rp 50 ribu untuk dua hari (qualification day dan race day).

Viewing points ketiga berada di Lapangan Mini Soposurung, yang juga akan diadakan gelaran Toba Festival atau pesta rakyat, yang dapat diakses oleh semua pengunjung/wisatawan, menampilkan berbagai hiburan tradisional daerah Sumut, hingga parade produk-produk seni kerajinan UMKM.

Di tempat ini akan ditampilkan artis-artis lokal maupun nasional – putera/puteri berasal dari daerah Toba/Sumut dan ada banyak aktivitas seni/budaya Toba lain yang disajikan mulai jam 14.00 siang sd jam 21.00 malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper