Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerap Dilakukan, Ini Sederet Aksi Sujud Mensos Risma di Depan Publik

Berikut sederet aksi sujud yang pernah dilakukan oleh Mensos Risma, yang sejauh ini dilakukan sebanyak 4 kali sejak menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.
Menteri Sosial yang juga kader PDIP Tri Rismaharini di Kementerian Sosial RI. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @trirismaharini.official
Menteri Sosial yang juga kader PDIP Tri Rismaharini di Kementerian Sosial RI. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @trirismaharini.official

Bisnis.com, SOLO - Mensos Tri Rismaharini baru-baru ini menjadi pusat perhatian karena melakukan aksi sujud di kaki seorang guru tunanetra.

Dipicu janji soal lahan hibah pemerintah untuk sekolah luar biasa (SLB), aksi tersebut dilakukannya di Balai Wyataguna, Kota Bandung pada Selasa (21/2/2023).

Seorang guru tunanetra bernama Tri bertanya kepada Risma soal janji lahan hibah untuk SLB yang ada di lokasi Balai Wyataguna.

Tak bisa memenuhi janji tersebut, Risma pun langsung melakukan sujud di kaki sang guru. Aksi itu juga membuat sang guru menangis.

"Ini susah karena tanahnya ada di tengah gini, saya enggak bisa. Masalahnya apa? Sama-sama (milik) negaranya, makanya tadi yang penting saya bisa perbaiki. Kita berbagi," kata Risma dalam video viral yang tersebar di media sosial.

Namun aksi sujud ini ternyata kerap dilakukan oleh Risma. Bahkan ia pernah melakukan aksi yang sama saat masih menjadi Wali Kota Surabaya.

Berikut sederet aksi sujud yang pernah dilakukan Risma di depan publik:

Sujud di depan takmir masjid

Aksi sujud Risma terpantau pernah dilakukan pada 16 Mei 2018 saat dirinya menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Saat itu, dirinya sedang berpidatoo di Gedung Wanita, Jaan Kalibokor, Surabaya, dengan mengumpulkan takmir masjid se-Surabaya untuk membahas isu terorisme.

Namun salah satu takmir tersinggung dengan kata-kata Risma yang mengisyaratkan bahwa profesi takmir masjid adalah suatu kesalahan.

Risma yang mendengar hal itu langsung turun dari podium dan meminta maaf sembari terisak. Permintaan maafnya itu pun dilakukan dengan melakukan aksi sujud.

Sujud di depan anggota IDI

Aksi sujud kemudian dilakukan lagi oleh Risma saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya pada 2020 lalu.

Saat pandemi Covid-19, Risma bersujud di depan anggota IDI dan Persi Jawa Timur saat beraudiensi di Balai Kota Surabaya.

Sujud yang dilakukan di depan anggota IDI itu dilakukan sebagai permintaan maaf Risma karena tak bisa memenuhi permintaan dokter ke RSUD Soetomo.

Para dokter saat itu protes karena banyaknya masyarakat Surabaya yang tak mentaati protokol kesehatan sehingga Covid-19 meningkat tajam.

Sujud saat Menerima Bantuan dari PT Astra

Risma juga pernah melakukan aksi sujud ketika Pemerintah Kota Surabaya menandatangani nota kesepahaman dengan PT Astra Internasional Tbk untuk pengembangan sumber daya manusia untuk warga Surabaya, pada 6 Januari 2020.

Aksi sujud dilakukan Risma sebagai bentuk terima kasih karena PT Astra bersedia membuka kesempatan kepada anak-anak putus sekolah untuk magang di perusahaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper