Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kirim Tank hingga Rudal ke Kyiv, NATO Klaim Tak Berpihak di Konflik Ukraina

NATO mengklaim tidak berpihak dalam konflik di Ukraina, meskipun mereka tercatat mengirimkan amunisi hingga tidak ke rezim Kyiv.
Erta Darwati
Erta Darwati - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  17:24 WIB
Kirim Tank hingga Rudal ke Kyiv, NATO Klaim Tak Berpihak di Konflik Ukraina
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. - nato.int
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg mengatakan dalam wawancara dengan surat kabar Jerman, Die Welt bahwa NATO tidak berpihak dalam konflik di Ukraina.

Pihaknya menunjukkan bahwa NATO bukan dan tidak akan menjadi pihak yang bertikai. Dia menyampaikan bahwa aliansi pimpinan AS tidak mengirim pasukan dan pesawatnya ke Ukraina.

Dia juga menunjukkan bahwa NATO mendukung Kyiv Ukraina dengan menyediakan peralatan, dan senjata dalam perang.

Sedangkan, menurutnya Ukraina memiliki hak untuk membela diri dan mempertahan negaranya berdasarkan Piagam PBB, seperti dilansir dari TASS, Rabu (25/1/2023).

Selain itu, dia juga menekankan bahwa NATO memiliki hak untuk mendukung upayanya untuk melindungi hak tersebut.

Stoltenberg mengatakan bahwa selalu ada risiko eskalasi sehingga sangat penting untuk meningkatkan kehadiran militer NATO di sayap timurnya. 

Sementara itu, pihaknya percaya bahwa hal itu akan membuat Moskow, Rusia mengerti bahwa NATO bertekad untuk mempertahankan setiap jengkal wilayahnya.

Diketahui, NATO dan negara-negara yang tergabung di dalamnya membantu Ukraina dengan mengirimkan senjata maupun tank berat untuk digunakan melawan Rusia.

Sedangkan, Rusia menekankan akan menghancurkan semua senjata dan tank yang diberikan NATO, AS, dan negara lainnya ke Ukraina.

Baru-baru ini, AS akan mengirim tank Abrams dan Jerman direncanakan akan kirim tank Leopard 2 ke Ukraina. Sebelumnya, sistem rudal patriot juga dikirim untuk membantu Ukraina mempertahankan negaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nato jerman Perang Rusia Ukraina Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top