Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Cuma Xi dan Putin, Kim Jong-un Juga Kirim Surat kepada 2 Negara Tetangga RI, Ada Apa Nih?

Presiden Korea Utara, Kim Jong-un, juga mengirim surat kepada dua negara tetangga Indonesia.
Kim Jong-un mengirim surat kepada dua negara tetangga RI
Kim Jong-un mengirim surat kepada dua negara tetangga RI

Bisnis.com, SOLO - Presiden Korea Utara, Kim Jong-un, telah mengirim surat ucapan tahun baru kepada beberapa pemimpin negara di dunia.

Jelas jika Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden China, Xi Jinping, juga mendapat surat dari pemimpin Korea Utara tersebut.

Dilansir dari The Diplomat, belum diketahui secara rinci isi surat yang diberikan Kim kepada dua pemimpin dunia itu, akan tetapi, isinya diprediksi tak jauh-jauh dari hubungan diplomatik.

Kim mungkin telah meminta para pemimpin penerima surat untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan negaranya sembari mengkritik "imperialisme AS" di wilayah tersebut. 

Selama ini, orang No.1 di Korut itu memang tidak merahasiakan tujuannya untuk menjadi negara senjata nuklir kuat dan menyaingi AS.

Kalau bicara soal nuklir, hubungan dengan Rusia memang harus ditingkatkan karena Kremlin menjadi salah satu negara dengan teknologi nuklir terbaik di dunia.

Sementara dalam hubungan dengan China, Korut sepenuhnya membuka kembali perbatasannya dengan Beijing tahun ini.

Kim sedang berupaya untuk menghidupkan kembali ekonomi negaranya yang lesu, yang telah terkena dampak parah oleh pandemi COVID-19 dalam tiga tahun terakhir. 

Namun yang harus dikhawatirkan RI, Kim bukan hanya mengirim surat kepada Putin dan Xi, melainkan dua negara tetangga Indonesia.

Ialah Vietnam dan Laos yang juga mendapat surat dari Kim Jong-un. Sama seperti untuk Rusia dan China, isi surat untuk Vietnam dan Laos juga tidak diketahui.

Tapi jika surat itu berisi tentang dukungan nuklir, tentu saja akan jadi masalah. Sebab Laos, Vietnam dan Indonesia masih berada di naungan ASEAN yang terikat beberapa aturan yang ketat dalam kancah internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper