Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Lebih Pilih Golkar, Begini Respons PAN

PAN menyambut baik bergabungnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Partai Golkar. Mereka tak mempermasalahkan jika lebih memilih Golkar.
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi./Antara
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengaku pihaknya menyambut baik bergabungnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Partai Golkar.

“PAN mengucapkan selamat kepada Kang Emil yang telah menentukan pelabuhan politiknya di Golkar,” ujar Yoga saat dikonfirmasi, Rabu (17/1/2023).

Dia mengatakan, seorang tokoh yang terjun ke dunia politik memang sewajarnya menjadi kader partai politik. Yoga masih meyakini, partai politik merupakan lembaga perjuangan yang bisa untuk menegakkan nilai demokrasi dan kesejahteraan bersama.

Di samping itu, Yoga juga tak menyayangkan langkah Ridwan Kamil yang lebih memilih Golkar daripada PAN. Golkar, lanjutnya, juga merupakan teman PAN untuk Pemilu 2024.

“Meski sebagai kader Golkar, bagi PAN Kang Emil adalah tetap sebagai saudara seperjuangan politik yang memiliki komitmen kebangsaan yang sama,” jelasnya.

Sebagai informasi, PAN dan Golkar memang tergabung dalam satu koalisi bersama, yaitu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Selain mereka berdua, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga tergabung dalam KIB.

“Golkar dan PAN bergabung di KIB, hal ini menjadikan tidak ada jarak atau sekat antara PAN dan Kang Emil,” ungkap Yoga.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat (Jabar) Ace Hasan Syadzily mengungkapkan Ridwan Kamil memilih bergabung dengan partainya daripada partai politik lain.

Menurut Ace, Partai Amanat Nasional (PAN) juga jadi salah satu partai yang kemungkinan jadi tujuan berlabuh Ridwan Kamil. Meski begitu, Ridwan Kamil akhirnya memilih Golkar.

“Memang Pak RK [Ridwan Kamil] ketika berkomunikasi dengan saya, PAN adalah salah satu partai yang waktu itu kemungkinan akan beliau bergabung. Tapi alhamdullilah beliau bergabung justru dengan Partai Golkar,” jelas Ace saat di temui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023).

Lebih lanjut, Ace mengungkapkan Ridwan Kamil akan menemui Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP mereka pada Rabu (18/1/2023) sore ini.

Dari jadwal yang diterima Bisnis, pertemuan itu akan dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB. Dalam kesempatan itu, direncanakan Ridwan Kamil akan diumumkan jadi kader Golkar.

“Insya Allah nanti mungkin Pak Emil akan menyampaikan sikapnya bergabung dengan Partai Golkar,” ujar anggota Komisi VIII DPR itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper