Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSI Komunikasi ke KIB, Tawarkan Ganjar Capres 2024

PSI telah menjalin komunikasi ke KIB dan mengatakan pemilihnya ingin Ganjar jadi capres 2024.
PSI ingin Ganjar Pranowo jadi capres 2024 /Foto: Istimewa
PSI ingin Ganjar Pranowo jadi capres 2024 /Foto: Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku telah melakukan komunikasi politik kepada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk menawarkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pemilu 2024. 

Sebagai informasi, KIB merupakan koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). KIB sudah dideklarasikan sejak Mei 2022, meski begitu hingga kini mereka belum menentukan calon presiden (capres) mereka.

Juru Bicara PSI Dedek Prayudi alias Uki mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Golkar maupun PAN. Bahkan, komunikasi itu sudah dimulai sejak tahun lalu.

“Sejak 2022, memang kami sudah membangun komunikasi dengan Golkar, misalnya dengan PAN, sudah melakukan komunikasi,” jelas Uki saat ditemui di Studio Cikajang, Jakarta Selatan, dikutip Sabtu (13/1/2023).

Bahkan, dia mengungkapkan dalam komunikasi itu PSI menyampaikan bahwa para pemilih mereka menginginkan agar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Ganjar terpilih jadi capres favorit lewat hasil rembuk rakyat atau jajak pendapat yang dilakukan di situs resmi PSI selama Februari hingga September 2022.

“Ketika komunikasi dan pertemuan terjadi setelah rembuk rakyat diumumkan, ya kami juga mengkomunikasikan bahwa akar rumput menginginkan Pak Ganjar,” ungkapnya.

Uki mengakui selama ini komunikasi antara PSI dengan Golkar, PAN, dan PPP selalu berjalan lancar. Di samping itu, dia mengaku belum dapat memastikan apakah PSI akan bergabung ke KIB sebab saat ini masih fokus untuk menyeleksi bakal calon legislatif (caleg) mereka untuk 2024.

“Saat ini masih cair semua. PSI di awal tahun ini kami masih fokus untuk pemilihan legislatif,” ucapnya.

Terkait Ganjar yang notabenenya kader PDIP, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung pihak yang mengusung kader partai lain untuk jadi capres pada Selasa (10/12/2023).

Uki pun mengatakan PSI hanya sekadar ingin mendobrak gaya lama partai politik yang memilih capres secara diam-diam. Oleh sebab itu, mereka memilih capres yang sesuai hasil jajak pendapat.

"Memang Pak Ganjar yang diinginkan oleh akar rumput terutama oleh pemilih PSI, nah itu fakta yang tidak bisa kita tutupi," ujarnya.

Sebelumnya, memang santer diisukan Ganjar akan jadi capres usungan KIB. Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara juga mengaku Ganjar menjadi salah satu nama kandidat capres potensial yang kemungkinan mereka usung.

“Saya kira Pak Ganjar dalam salah satu kandidat yang kita ajukan di dalam rapat internal partai,” ujar Amir saat ditemui di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Minggu (8/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper