Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terjebak di Kyiv sejak Invasi Rusia ke Ukraina, 2 Pesawat Turki Kembali ke Pangkalan

2 pesawat angkut militer A400M Turki kembali ke pangkalannya di Kayseri setelah terjebak di Kyiv sejak invasi Rusia ke Ukraina.
Bendera Turki/Reuters
Bendera Turki/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dua pesawat angkut militer A400M Turki, yang ditempatkan di Bandara Borispol Kyiv akhirnya kembali ke pangkalannya di Kayseri, pada Selasa (20/12/2022) malam.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Turki mengatakan bahwa pesawat A400M sebelumnya berada di Bandara Borispol sejak 24 Februari 2022, sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina.

Pesawat Turki tersebut akhirnya bisa lepas landas ke pangkalannya, pada Selasa (20/12/2022). Namun, Kemhan tidak memerinci masalah terkait izin lepas landas, seperti dilansir dari TASS, Rabu (21/12/2022).

Sedangkan, Menteri Pertahanan (Menhan) Turki, Hulusi Akar mengatakan sebelumnya bahwa masalah pengembalian pesawat telah dibahas dengan pihak berwenang Rusia dan Ukraina. 

Dia mengungkap janji dari pihak berwenang Rusia dan Ukraina, bahwa pesawat asal Turki tersebut akan kembali pada kesempatan pertama.

Diketahui, bahwa sejak 24 Februari 2022, Rusia menginvasi Ukraina dengan meluncurkan rentetan serangan rudal, usai terjadinya ketegangan.

Pada pidatonya, Putin menyatakan tanggapan atas permintaan para kepala Republik Donbass, dan membuat keputusan untuk melakukan operasi militer khusus di Ukraina.

Sementara itu, pihak Amerika Serikat (AS) telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Moskow atas serangan ke Ukraina.

Zelensky telah memimpin Ukraina dalam perang selama hampir 10 bulan tanpa istirahat dan bertahan dari serangan Rusia.

Lebih lanjut, adapun pesawat tak berawak (drone) Rusia telah mencapai target energi di Ukraina dalam serangan udara, sehingga Kyiv dan wilayah lainnya di Ukraina harus hidup tanpa listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper