Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zelensky ke Amerika Serikat Bertemu Joe Biden

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berkunjung ke Washington AS. Ini menjadi perjalanan pertama ke luar negeri sejak perang dimulai.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/ Times of Israel
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/ Times of Israel

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (21/12/2022) berkunjung ke Washington, Amerika Serikat (AS) untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden.

Kunjungan Zelensky ke AS ini merupakan perjalanan ke luar negeri sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Selain bertemu  Biden, dia akan berpidato di Kongres. 

Pertemuan di Gedung Putih berpotensi akan ada pengumuman yang diharapkan dari Biden, yaitu tentang paket senjata baru untuk Kyiv termasuk rudal Patriot dari AS.

Sementara itu, mantan Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan kepada anggota Kongres dalam sebuah surat pada Selasa (20/12/2022) bahwa mereka harus hadir pada malam berikutnya.

"Tolong hadir untuk fokus khusus pada demokrasi Rabu malam," tulis Pelosi, seperti dilansir dari CNA, Rabu (21/12/2022).

Zelensky, yang telah memimpin Ukraina dalam perang selama 10 bulan tanpa istirahat dan bertahan dari serangan Rusia, selama ini telah sering berbicara dengan para pemimpin dan pendukung di seluruh dunia, tetapi hanya melalui telepon dan konferensi video.

Adapun atas perjalanannya itu, Zelensky mengakui bahwa AS telah menjadi pendukung paling penting dari upaya berperang selama ini.

Dia mengungkap, bahwa AS telah memberikan total bantuan sekitar US$50 miliar, termasuk bantuan keamanan sekitar US$20 miliar.

Sementara itu, pada Selasa (20/12/2022) Zelensky mengunjungi pasukan Ukraina di Bakhmut, yang sekarang menjadi pusat pertempuran.

Adapun perjalanan mendadak itu terjadi ketika Kremlin mengumumkan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin akan bertemu dengan pejabat militer senior pada Rabu (21/12/2022).

Pertemuan itu untuk mempertimbangkan serangan skala penuh Rusia di Ukraina, dan menetapkan tujuan untuk tahun depan setelah serangkaian kekalahan di medan perang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper