Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia vs Ukraina, Duh! Rusia Kembali Jatuhkan Bom Drone ke Kyiv

Zelensky Ukraina menawarkan formula perdamaian untuk menghentikan perang Rusia yang merusak Ukraina.
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022)./Bloomberg-Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022)./Bloomberg-Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina memasuki hari ke-294. Tak kenal ampun, Rusia dilaporkan kembali mendaratkan drone miliknya ke wilayah Ukraina, Kyiv.

Dilansir dari The Guardian pada Rabu (14/12/2022), Walikota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan bahwa ledakan terjadi di distrik Shevchenkivsky, pusat Kyiv pada Rabu pagi. "Layanan darurat dikirim," kata Klitschko.

Sementara itu, gubernur wilayah Kyiv Oleksiy Kuleba mengatakan bahwa sistem pertahanan udara sedang bekerja untuk menanggapi serangan ini. Kemudian warga Kyiv diminta untuk menghindari bangunan yang dapat membahayakan keselamatan mereka. 

Tak hanya itu, Kuleba juga melaporkan bahwa terdapat dua gedung administrasi kota Kyiv di pusat distrik Shevchenkivskyi yang telah dirusak oleh drone dari Rusia. 

Kuleba memperingatkan bahwa peringatan serangan udara dari Rusia masih belum berakhir dan dia juga menyarankan warganya untuk mengambil tindakan pencegahan. “Bahaya tetap ada. Tetap di tempat penampungan,” ujar Kuleba.

“Rusia melanjutkan teror energi negara. Tapi kami semakin kuat setiap hari," sambungnya.

Selain itu, Kuleba juga mengatakan bahwa pihaknya harus tetap waspada, mengingat  gelombang kedua serangan drone mungkin akan menyusul serangan yang telah terjadi di pagi ini.

Di samping itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Selandia Baru untuk memimpin dalam mendukung salah satu poin formula perdamaian di tingkat internasional.

"Kita berbicara tentang keamanan lingkungan dan penghapusan ranjau di Ukraina," sebutnya.

"Saya baru saja berbicara kepada parlemen dan rakyat Selandia Baru, negara yang secara fundamental telah mendukung kami sejak minggu-minggu pertama agresi Rusia skala penuh. Diberitahu tentang formula perdamaian kami, tentang KTT khusus yang kami selenggarakan untuk mengimplementasikan formula kami," sambung Zelensky.

Menurut Zelensky, Selandia Baru merupakan salah satu negara yang memahami bahwa penghancuran lingkungan alam sama dengan penghancuran kehidupan, dan itu dapat membantu mobilisasi diplomatik wilayahnya untuk mengimplementasikan formula perdamaian Ukraina. 

"Kami akan mengingatkan bahwa Ukraina menawarkan formula perdamaian untuk menghentikan perang Rusia yang merusak. Ini terdiri dari jaminan keamanan radiasi, nuklir, pangan dan energi, serta penarikan pasukan Rusia dari wilayah pendudukan," ungkap Zelensky.

Rangkaian peristiwa perang Rusia vs Ukraina hari ke- 294:

- Rusia dan Ukraina saling menggempur dalam pertempuran sengit di wilayah timur Donetsk

Rusia terus memperkuat serangannya  untuk mengambil kendali penuh atas wilayah Donetsk dan Luhansk, dua dari empat wilayah yang diklaim Kremlin telah dianeksasi dalam pemungutan suara yang ditolak oleh sebagian besar negara sebagai ilegal.

- Pasukan Ukraina dilaporkan telah merusak jembatan utama di luar kota selatan Melitopol, 

Pasukan militer Ukraina dikabarkan telah merusak akses jembatan utama di luar kota Selatan Melitopol. Terdapat sebuah video yang menunjukkan bahwa dua penyangga jembatan telah rusak selama serangan itu, hanya beberapa hari setelah Ukraina menghantam barak Rusia yang terletak di sebuah resor di kota itu, dengan roket Himars menyebabkan kerusakan dan korban jiwa yang besar.

- AS selesaikan rencana pengiriman sistem rudal  Patriot ke Ukraina

Amerika Serikat dilaporkan sedang menyelesaikan rencananya untuk mengirim sistem pertahanan rudal Patriot ke Ukraina. "Sebuah keputusan yang dapat diumumkan paling cepat minggu ini," kata tiga pejabat AS.

- Zelensky sebut Ukraina butuh tambahan €800 juta untuk bertahan hidup

"Generator sama pentingnya dengan pelindung dalam membantu Ukraina bertahan dari terorisme energi Vladimir Putin musim dingin ini," kata Volodymyr Zelensky. 

"Ukraina membutuhkan tambahan €800 juta (£686 juta) untuk bertahan hidup di musim dingin dan €1,5 miliar untuk memulihkan kerusakan jangka panjang pada jaringan energi," sambungnya.

- €1 miliar untuk bantu Ukraina

"Lebih dari €1 miliar dikumpulkan untuk mendukung Ukraina musim dingin ini pada konferensi bantuan di Paris," kata menteri luar negeri Prancis, Catherine Colonna.

Colonna mengatakan bahwa uang tersebut, yang dijanjikan oleh 46 negara dan 24 organisasi internasional, akan dibagi untuk pemulihan jaringan energi Ukraina yang terkuras, sektor pangan, pasokan air, kesehatan, dan transportasi.

- 12 komandan Rusia akan dijatuhkan sanksi akibat menyerang Ukraina

Kementerian Luar Negeri Inggris mengumumkan akan menjatuhkan sanksi pada 12 komandan Rusia atas peran mereka dalam serangan di kota-kota Ukraina. Mereka termasuk Mayor Jenderal Robert Baranov, yang diidentifikasi oleh Bellingcat sebagai komandan pemrograman dan penargetan rudal jelajah Rusia, serta empat orang Iran, termasuk pemilik bersama dan direktur pelaksana MADO, produsen mesin drone Iran.

- Macron sebut adanya kesepakatan penghapusan senjata berat dari infrastruktur listrik

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan bahwa terdapat kesepakatan untuk menghapus senjata berat dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia Ukraina. "Pembicaraan sedang berlangsung", katanya Macron.

“Kami berhasil melindungi Chornobyl dan tujuan kami adalah melindungi Zaporizhzhia. Minggu-minggu mendatang akan sangat penting," sambungnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ileny Rizky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper