Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Sukabumi M 5,8 Hari Ini, Cuitan 'Stay Safe' Hingga 'Gede' Trending Topic di Twitter

Gempa bumi terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (8/12/2022) pukul 07.50 WIB dan menjadi trending topic di Twitter.
Wilayah terdampak Gempa Sukabumi pagi ini, Kamis (8/12/2022)./BMKG
Wilayah terdampak Gempa Sukabumi pagi ini, Kamis (8/12/2022)./BMKG

Bisnis.com, JAKARTA – Gempa bumi terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis (8/12/2022) pukul 07.50 WIB dan menjadi trending topic di Twitter. Getaran gempa terasa sampai wilayah Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya.

Berdasarkan pantauan Bisnis hingga pukul 11.11 WIB, cuitan “Sukabumi” menjadi trending topic di jagat Twitter pada Kamis (8/12/2022) dengan cuitan mencapai 22.600 kali warganet mencuitkan kata gempa. Lainnya kata'Gempa' dan 'Gede' menjadi bagian kata yang merujuk ke Gempa Sukabumi.

Mengutip akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), @InfoBMKG, gempa bumi yang terjadi Sukabumi berkekuatan M 5,8. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,8 dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,09 LS ,106,95 BT atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 122 kilometer.

Dalam keterangan resminya, BMKG menyampaikan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi/patahan batuan dalam.

“Hasil permodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” terang BMKG.

Getaran gempa pun sontak membuat warganet Twitter mencuitkan kata stay safe ke warganet lainnya untuk tetap waspada terhadap getaran gempa.

“Tuh kan benerr [gempa], mana aku di lantai 20, stay safe all,” ungkap warganet lainnya.

Stay safe teman-teman. Gempa akhir akhir ini sering terjadi. Sering sering baca cara menghadapi gempa dan lihat di YouTube cara menyelamatkan diri. Kita harus bisa kaya Jepang yang sudah biasa kena gempa dan minim korban,” cuit warganet.

Warganet lainnya pun ikut mencuitkan hal yang sama dan menyampaikan bahwa gempa bumi di wilayah Jawa Barat bukan hanya sekali dirasakan pada akhir-akhir ini.

“Lumayan gede dan lamaaa bgt gempanya. Untung kedalamannya 100an km jadi ga berdampak kerusakan. Stay safe everyone, sebulan ini entah sudah berapa kali ngerasain gempa di Jawa Barat dan sekarang pusatnya di Kota sendiri, Sukabumi,” cuit warganet yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper