Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hari Terakhir Pencarian Korban Gempa Cianjur: 334 Tewas, 8 Masih Hilang

Sebanyak 334 orang tewas dalam bencana gempa Cianjur. Sementara 8 lainnya sampai sekarang belum ditemukan keberadaannya.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 04 Desember 2022  |  00:00 WIB
Hari Terakhir Pencarian Korban Gempa Cianjur: 334 Tewas, 8 Masih Hilang
Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban gempa Cianjur yang tertimbun longsor di RT 03 RW 01 Kampung Cugenang, Desa Cijedil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- BNPB mencatat bahwa hingga Sabtu (3/12/2022), jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur bertambah menjadi 334 jiwa.

Penambahan tersebut berdasarkan penemuan tim gabungan yang berhasil menemukan 3 jenazah, yakni 2 jenazah di Desa Cijedil, dan 1 lainnya ditemukan di kawasan Warung Sate Shinta.

Dengan demikian, total korban yang masih dalam pencarian saat ini tersisa 8 orang. Sementara itu, jumlah rumah rusak hingga pukul 15.00 WIB hari ini tercatat 35.601 unit dengan rincian rusak berat 7.817, rusak sedang 10.589, dan rusak ringan 17.195. 

Pemerintah telah menyediakan anggaran Rp500.000 rupiah/KK supaya digunakan untuk menyewa rumah sementara bagi para korban terdampak atau yang disebut dengan Dana Tunggu Hunian yang berasal dari APBN. 

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur mengusulkan perpanjangan masa operasi pencarian terhadap korban gempa selama 3 hari ke depan.

"Terkait dengan pencarian korban hilang, kami telah mengusulkan kepada Basarnas untuk diperpanjang lagi selama tiga hari setelah sebelumnya sudah ada 2 kali perpanjangan," jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Daerah Kabupaten Cianjur, Cecep S. Alamsyah dalam siaran resminya, Sabtu (3/12/2022).

Dia juga mengatakan untuk operasi pencarian korban hilang akan terus dilakukan hingga semua korban ditemukan. "Kami mempertimbangkan para korban agar tidak berlama-lama di pengungsian. Uang tersebut dapat dimanfaatkan warga terdampak untuk menyewa rumah sementara," jelas Cecep. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb Gempa Cianjur
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top