Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menegangkan! Pilot Rusia Diburu Usai SU-34 Jatuh Disengat Rudal Ukraina

Sebuah pesawat SU-34 jatuh usai terkena rudal MANPADS yang ditembakkan pasukan Ukraina.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 03 Desember 2022  |  18:29 WIB
Menegangkan! Pilot Rusia Diburu Usai SU-34 Jatuh Disengat Rudal Ukraina
Tnetara Rusia dalam agresi militer di Ukraina. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mempublikasikan aksi heroik salah satu pilotnya usai pesawat Shukoi 34 atau SU-34 dihantam rudal MANPADS yang ditembakkan pasukan Ukraina

Laporan Kemhan Rusia memaparkan bahwa 
kejadian itu bermula awak Su-34, Letnan Senior Pyotr Kashtanov, mencapai target pada waktu yang ditentukan dan melancarkan serangan udara terhadap akumulasi peralatan militer Ukraina.

Setelah meninggalkan serangan di jalur pertempuran, pasukan Ukraina menembakkan dua rudal dari MANPADS ke Su-34. Kebakaran terjadi di mesin kanan akibat terkena peluru dan sistem kontrol gagal.

"Komandan kru memutuskan untuk keluar. Pendaratan kru terjadi di wilayah yang dikuasai pasukan Ukraina," tulis laporan resmi Rusia, Sabtu (3/12/2022).

Laporan itu melanjutkan bahwa tangan kanan Kashtanov rusak parah saat mendarat. Dengan tangan kirinya ia melepaskan diri dari sistem suspensi. Sementara itu, seorang navigator yang tidak sadar mendarat sejauh 50 meter.

"Letnan senior membebaskan rekannya dari sistem suspensi dan segera memberikan anestesi. Mengatasi rasa sakit di tangannya, Kashtanov membawa navigator dan menyamar," jelasnya.

Pasukan Ukraina tiba di lokasi pendaratan dan mulai menyisir area tersebut. Mereka mendekati tempat perlindungan awak pada jarak beberapa meter, mendesak pilot untuk keluar dan menyerah dengan jaminan menyelamatkan nyawa mereka.

Tidak menyerah pada tindakan provokatif dari kelompok Ukraina, para kru dengan tenang mengamati tindakan musuh dan siap untuk terlibat dalam pertempuran. "Tidak ada pikiran untuk menyerah."

Beruntung penembakan artileri yang mulai memaksa musuh mundur. Para kru memutuskan untuk bergerak menuju pengelompokan pasukan mereka setelah gelap. "Kashtanov membantu navigator untuk pergi, memberinya alat anestesi sendiri. Para kru pergi ke rekan-rekan mereka dan dievakuasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top