Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menegangkan! Pilot Rusia Diburu Usai SU-34 Jatuh Disengat Rudal Ukraina

Sebuah pesawat SU-34 jatuh usai terkena rudal MANPADS yang ditembakkan pasukan Ukraina.
Tnetara Rusia dalam agresi militer di Ukraina./Istimewa
Tnetara Rusia dalam agresi militer di Ukraina./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mempublikasikan aksi heroik salah satu pilotnya usai pesawat Shukoi 34 atau SU-34 dihantam rudal MANPADS yang ditembakkan pasukan Ukraina

Laporan Kemhan Rusia memaparkan bahwa 
kejadian itu bermula awak Su-34, Letnan Senior Pyotr Kashtanov, mencapai target pada waktu yang ditentukan dan melancarkan serangan udara terhadap akumulasi peralatan militer Ukraina.

Setelah meninggalkan serangan di jalur pertempuran, pasukan Ukraina menembakkan dua rudal dari MANPADS ke Su-34. Kebakaran terjadi di mesin kanan akibat terkena peluru dan sistem kontrol gagal.

"Komandan kru memutuskan untuk keluar. Pendaratan kru terjadi di wilayah yang dikuasai pasukan Ukraina," tulis laporan resmi Rusia, Sabtu (3/12/2022).

Laporan itu melanjutkan bahwa tangan kanan Kashtanov rusak parah saat mendarat. Dengan tangan kirinya ia melepaskan diri dari sistem suspensi. Sementara itu, seorang navigator yang tidak sadar mendarat sejauh 50 meter.

"Letnan senior membebaskan rekannya dari sistem suspensi dan segera memberikan anestesi. Mengatasi rasa sakit di tangannya, Kashtanov membawa navigator dan menyamar," jelasnya.

Pasukan Ukraina tiba di lokasi pendaratan dan mulai menyisir area tersebut. Mereka mendekati tempat perlindungan awak pada jarak beberapa meter, mendesak pilot untuk keluar dan menyerah dengan jaminan menyelamatkan nyawa mereka.

Tidak menyerah pada tindakan provokatif dari kelompok Ukraina, para kru dengan tenang mengamati tindakan musuh dan siap untuk terlibat dalam pertempuran. "Tidak ada pikiran untuk menyerah."

Beruntung penembakan artileri yang mulai memaksa musuh mundur. Para kru memutuskan untuk bergerak menuju pengelompokan pasukan mereka setelah gelap. "Kashtanov membantu navigator untuk pergi, memberinya alat anestesi sendiri. Para kru pergi ke rekan-rekan mereka dan dievakuasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper