Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rusia Bergerak Maju, Rebut Pemukiman Hingga Hancurkan Rudal HIMARS Buatan AS

Pasukan Rusia berhasil menguasai pemukiman di Donetsk dan berhasil menghancurkan sistem rudal HIMARS buatan AS.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 02 Desember 2022  |  11:37 WIB
Rusia Bergerak Maju, Rebut Pemukiman Hingga Hancurkan Rudal HIMARS Buatan AS
Ilustrasi - Militer Ukraina klaim serang pertahanan udara Rusia di Kherson, Rabu (2/11/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Angkatan Bersenjata Federasi Rusia terus melakukan operasi militer khusus. Tindakan ofensif pasukan Rusia bahkan berhasil menguasai pemukiman Andreevka di Donetsk, Ukraina.

Di arah Kupyansk, tembakan artileri, senjata berat, dan serangan penerbangan militer Rusia menggagalkan upaya Ukraina yang akan menyerang pemukiman Kuzemovka di Luhansk.

“Lebih dari 60 prajurit Ukraina, enam tank, lima kendaraan tempur lapis baja dan empat kendaraan lapis baja dihancurkan,” tulis laporan resmi Rusia, Jumat (2/12/2022).

Di arah Krasno-Limansky, sebuah kompi taktis Angkatan Bersenjata Ukraina terkena tembakan di area pemukiman Stelmakhovka, Lugansk. Selain itu, upaya pasukan Kyiv untuk menyerang ke arah pemukiman Chervonopopovka di Luhansk digagalkan oleh tembakan artileri dan serangan udara Rusia.

“Kerugian musuh per hari ke arah ini berjumlah 20 prajurit Ukraina tewas dan terluka, satu tank dan empat kendaraan tempur lapis baja.”

Sementara itu dari arah Donetsk Selatan, unit Angkatan Bersenjata Ukraina gagal mencoba melakukan serangan balik terhadap posisi pasukan Rusia di area pemukiman Novomikhailovka dan Vladimirovka. Semua serangan balik berhasil dipukul mundur. Pasukan Ukraina didorong kembali ke posisi semula.

Adapun, penerbangan operasional-taktis dan militer, pasukan misil, dan artileri menghancurkan tiga titik penempatan sementara unit tentara bayaran asing di wilayah pemukiman Slavyansk Donetsk, serta 85 unit artileri dalam posisi tembak, tenaga kerja dan peralatan militer di 162 daerah.

Selama pertarungan kontra-baterai di area pemukiman Orekhovatka Donetsk, Rusia berhasil mengenai pemasangan sistem roket peluncuran ganda HIMARS Amerika.

Di daerah pemukiman Krivaya Luka dan Markovo dari Republik Rakyat Donetsk, dua radar kontra-baterai AN / TPQ-37 buatan AS dihancurkan. “Tiga depot rudal dan senjata artileri serta amunisi Angkatan Bersenjata Ukraina dihancurkan di area pemukiman Volnoe Pole Donetsk dan Orekhov di wilayah Zaporozhye.”

Selain itu, sistem pertahanan udara Rusia  menembak jatuh tiga kendaraan udara tak berawak Ukraina di area permukiman Zhytlovka, Chervonopovka di Lugansk, dan kota Donetsk dalam sehari.

“Delapan roket dari sistem peluncuran roket berganda HIMARS dan Vilkha dicegat di wilayah pemukiman Svatovo di Lugansk, Novoye di wilayah Zaporozhye, Zeleny Gay dan Zhdanovka di Donetsk.”

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 334 pesawat, 177 helikopter, 2.592 kendaraan udara tak berawak, 391 sistem rudal antipesawat, 6.930 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 905 kendaraan tempur dari berbagai sistem peluncuran roket, 3.642 lapangan senjata artileri dan mortir, serta 7.431 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Perang Rusia Ukraina Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top