Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Yudo Margono 2 Desember

Komisi I DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022).
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  16:28 WIB
DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Yudo Margono 2 Desember
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (tengah) mengunjungi bakti sosial yang dilaksanakan di Bojongmanik Kabupaten Lebak, Banten. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn.) TB Hasanuddin mengumumkan pihaknya akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test kepada calon Panglima TNI Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022).

“Sesuai keputusan Bamus [Badan Musyawarah], besok Komisi I akan melaksanakan uji kelayakan untuk calon Panglima TNI [Yudo Margono], Jumat [2/12/2022],” ujar Hasanuddin kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Dia menjelaskan, pada pukul 10.00 WIB pimpinan Komisi I dan perwakilan masing-masing fraksi akan melakukan verifikasi data pribadi Yudo. Setelah itu, ada jeda makan siang dan Sholat Jumat.

“Pada pukul 13.30 WIB, kita akan mulai dengan fit and proper test,” ungkapnya.

Yudo akan diberi waktu selama 30 menit untuk memberi pemaparan tentang visi-misinya. Lalu, para anggota Komisi I akan melakukan pendalaman dengan memberikan berbagai pertanyaan ke Yudo.

“Perwakilan dan fraksi masing-masing selama tujuh menit dan kemudian dijawab oleh calon panglima TNI kira-kira 20 menit,” ucap politisi PDI Perjuangan (PDIP) tersebut.

Meski begitu, Hasanuddin tak menutup kemungkinan akan ada pertanyaan tambahan, sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, uji kelayakan dan kepatutan tersebut akan diadakan secara tertutup.

“Kalau menurut aturan, tertutup,” jelas Hasanuddin.

Setelah uji kelayakan dan kepatutan selesai, anggota Komisi I akan melakukan rapat untuk menentukan apakah Yudo layak jadi Panglima TNI yang baru untuk mengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan segera pensiun.

“Pada hari itu langsung [diputuskan],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panglima tni CALON PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top