Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BMKG: Gempa Cianjur Melemah, Masyarakat Bisa Kembali ke Rumah

BMKG menyebut aktivitas gempa bumi susulan di Kabupaten Cianjur kian melemah, sehingga korban bisa kembali ke rumah.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 28 November 2022  |  16:32 WIB
BMKG: Gempa Cianjur Melemah, Masyarakat Bisa Kembali ke Rumah
Foto udara kondisi rumah warga terdampak gempa bumi di Rancagoong, Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 125 kali gempa susulan di wilayah Kabupaten Cianjur, hingga pukul 08.00 WIB, Selasa (22/11). Kekuatan gempa susulan itu bervariasi dari yang terbesar bermagnitudo 4,2 hingga 1,5. Warga diimbau untuk mewaspadai gempa bumi susulan. Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) menyebut, bahwa aktivitas gempa bumi susulan di Kabupaten Cianjur kian melemah, sehingga korban terdampak dapat kembali ke rumah.

Dikutip melalui rilisnya, BMKG menyatakan bahwa berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan lembaga tersebut selama 7 hari terakhir menunjukkan bahwa aktivitas gempa bumi Cianjur susulan magnitudonya secara fluktuatif makin mengecil dan frekuensi kejadiannya semakin jarang.

“Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, maka masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing, dengan catatan kondisi bangunan rumahnya tidak mengalami kerusakan struktur,” demikian rilis BMKG, Senin (28/11/2022).

BMKG pun mengimbau bagi warga yang kembali ke rumah untuk menata perabotan rumahnya sedemikian rupa agar jalur evakuasi keluar menjadi lapang dan tidak terhalang oleh benda apapun.

Tidak hanya itu, BMKG juga menganjurkan agar warga untuk menjauhkan seluruh benda-benda berat yang berada di atas perabotan, lemari dan lainnya, atau benda-benda tergantung yang dapat berpotensi jatuh menimpa penghuninya jika terjadi guncangan 

“Masyarakat diminta tetap tenang dengan terus memonitor perkembangan terkini informasi gempabumi dari aplikasi mobile phone info BMKG atau menghubungi call center 196,” tulis BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa BMKG
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top