Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto Kim Jong-un Gandeng Putrinya Saat Peluncuran Rudal Balistik ICBM

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membawa putrinya Kim Ju-ae pada uji coba rudal balistik
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membawa putrinya Kim Ju-ae pada uji coba rudal balistik antarbenua ICBM./Istimewa
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membawa putrinya Kim Ju-ae pada uji coba rudal balistik antarbenua ICBM./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membawa putrinya Kim Ju-ae pada uji coba rudal balistik

Untuk pertama kali, Kim Jong-un dan putrinya difoto di hadapan publik. Foto-foto yang beredar menunjukkan anak dan bapak bergandengan tangan dalam memeriksa uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17.

Adapun, kejutan terbesarnya ialah kehadiran putri Kim, yang keberadaannya belum pernah dikonfirmasi secara publik sebelumnya.

Korean Central News Agency tidak menyebut nama gadis itu, yang terlihat dalam foto dengan jas putih bergandengan tangan dengan ayahnya saat mereka melihat misil tersebut.

"Ini adalah kejadian pertama yang diamati di mana kami melihat putri Kim Jong-un di acara publik," kata Michael Madden, pakar kepemimpinan Korea Utara di Stimson Center di Washington pada Sabtu (19/11/2022).

"Ini sangat penting dan mewakili tingkat kenyamanan tertentu di pihak Kim Jong-un bahwa dia akan membawanya ke publik dengan cara seperti itu," jelasnya.

Kim diyakini memiliki tiga anak, dua perempuan dan satu laki-laki, kata para ahli. Beberapa pengamat percaya salah satu dari anak-anak itu terlihat dalam cuplikan perayaan hari libur nasional pada bulan September.

Pada 2013, pensiunan bintang bola basket Amerika Serikat (AS), Dennis Rodman pun mengatakan Kim memiliki seorang "bayi" putri bernama Kim Ju-ae. Setelah melakukan perjalanan ke Korea Utara tahun itu, Rodman mengatakan kepada Guardian bahwa dia telah menghabiskan waktu bersama Kim dan keluarganya, dan menggendong bayinya.

Ju-ae diperkirakan berusia sekitar 12-13 tahun, yang berarti dalam waktu sekitar empat hingga lima tahun dia akan mempersiapkan diri untuk masuk universitas atau masuk wajib militer, kata Madden.

"Ini akan menunjukkan bahwa dia akan dididik dan dilatih untuk menjadi pemimpin. Itu bisa menjadi tanda-tanda persiapan guna mengambil posisi pemimpin pusat atau dia bisa menjadi penasihat dan pemain di belakang layar seperti bibinya," katanya.

Para analis berspekulasi bahwa saudara perempuan dan loyalisnya dapat membentuk pemerintahan sampai penggantinya cukup dewasa untuk mengambil alih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Editor : Nancy Junita
Sumber : https://www.theguardian.com/world/2022/nov/18/north-korean-leader-kim-jong-un-reveals-daughter-at-ballistic-missile-test
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper