Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PM Jepang Kishida Tekan Xi Jinping soal Serangan Rudal Korea Utara

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida menekan pemimpin China, Xi Jinping perihal rudal yang ditembakkan oleh Korea Utara.
Erta Darwati
Erta Darwati - Bisnis.com 18 November 2022  |  07:03 WIB
PM Jepang Kishida Tekan Xi Jinping soal Serangan Rudal Korea Utara
Presiden Jokowi bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11 - 2022). Dok. Biro Setpres RI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida menekan Presiden China Xi Jinping pada Kamis (17/11/2022) perihal keamanan termasuk soal rudal yang ditembakkan oleh Korea Utara.

Kishida mengungkapkan kekhawatirannya dalam pembicaraan tatap muka pertamanya dengan Xi saat keduanya bertemu di sela-sela pertemuan di Bangkok.

Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak pendek saat Xi dan Kishida bersiap untuk bertemu, mengancam Amerika Serikat (AS) dan sekutunya akan tanggapan militer yang lebih kuat.

Adapun hubungan China dan Jepang kembali memburuk dalam beberapa tahun terakhir, karena Beijing memperkuat militernya, dan memperketat persaingan teritorial.

"Di Korea Utara, saya menyatakan harapan kami bahwa China akan memainkan peran termasuk di Dewan Keamanan PBB," kata Kishida seperti dilansir dari CNA, Jumat (18/11/2022).

Xi hadir di forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok usai dari KTT G20 di Bali, Indonesia.

Presiden AS Joe Biden mendorong Xi untuk melakukan pendekatan agar bisa mengendalikan aktivitas Korea Utara.

Sebelumnya, Kishida telah mengutuk peluncuran rudal terbaru Korea Utara, yang rutin dilakukan mulai bulan ini, termasuk rudal balistik antarbenua.

Korea Selatan dan AS telah memperingatkan bahwa mungkin Korea Utara telah bersiap untuk melakukan uji coba nuklir.

Pada pekan lalu, Biden mengadakan pertemuan di Phnom Penh, Kamboja dengan Kishida dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol untuk membahas serangan terbaru Korea Utara.

Ketiga pemimpin itu memberi peringatan kepada Korea Utara bahwa setiap uji coba nuklir baru akan ditanggapi dengan tanggapan yang lebih kuat.

Biden mengatakan setelah pembicaraannya dengan Xi pada Senin (14/11/2022), dia meyakini bahwa China tidak ingin Korea Utara meningkatkan ketegangan lebih jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xi jinping pm jepang fumio kishida nuklir korut
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top